PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SEMI MILITER DI AKADEMI MARITIM SAPTA SAMUDRA PADANG



Riyana riya Mahartika(1*)

(1) Program Magister PPKn S2 Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan suatu bentuk pembelajaran yang diberikan untuk membentuk pribadi setiap insan agar menjadi manusia yang berkarak terbaik. Implementasi pendidikan karakter salah satunya menggunakan pendekatan semi militer dengan menganut beberapa unsure atau nilai – nilai kemiliteran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkap pendidikan karkater apa saja yang diterapkan dengan menggunakan cara semi militer di Akademi Maritim Sapta Samudra Padang.  Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, kemudian menelusuri hasil penelitian yang relevan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yakni reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pola penerapan pendidikan  karakter di Akademi Maritim Sapta Samudra Padang mengacu kepada tiga pola yaitu Wawasan Kebangsaan, Wawasan Kebudayaan, dan Wawasan Kejuangan.  Dari tiga pola ini dapat terlihat nilai karakater berbasis semi militer yang muncul seperti disiplin, religius, kerja keras, mandiri, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab.

Kata Kunci : Nilai –nilai karakter, semi militer

 

                                                    ABSTRACT
Character education is a form of learning that is given to form the personality of every one to become a human that has a good character. One of the implementations of character education uses a semi-military approach by adopting several military elements or values. This study uses a qualitative approach to reveal various character educations that are applied using the semi-military method at the Sapta Samudra Padang Maritime Academy. The research begins by formulating a research problem, then tracing relevant research results. Data collection techniques in this study were interviews, participatory observation, and documentation. The data analysis was conducted using the Miles and Huberman model which consisted of three activity streams, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The validity of the data was tested by triangulation of sources. The results showed: that the pattern of application of character education in the Sapta Samudra Maritime Academy of Padang refers to three patterns, namely Nationality insight, Culture insight and national struggle insight. From these three patterns, we can see semi-military-based character values that appear such as discipline, religion, hard work, independence, national spirit, love country, love for peace, care for the environment, social care, and responsibility.Keywords: Character values, semi-military

Keywords


TEACHING

Full Text:

PDF

References


Aditya, Muhammad Fendi, dkk. Studi Komparasi Model Pembelajaran Sejarah Di SMA Taruna Aji, Wicaksono Galih, 2011. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sma Taruna
Nusantara Magelang
Dharmawan, Nyoman Sadra. 2014 Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi,/ di akses tanggal 10 Mei 2017)
Erwan, Rina Oktaviana, Dwi Hurriyati, Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Stres Pada Siswa- Siswi Kelas X Sma Taruna Indonesia Plus Semi Militer Palembang. Dosen Universitas Bina Darma, Mahasiswa Universitas Bina

DarmaHariantiRini.Pola asuh orangtua dan lingkungan pembelajaran terhadap motivasi
belajar siswa.Curricula: Journal of Teaching and Learning Vol. 1, No. 2 (2016)
Farida, Ida Model Pendidikan karakter di perguruan tinggi Langkah Strategis dan implementasinya di Universitas.ISSN:2087-0825
Haq, Muhammad Faishal, 2016. Implementasi Pendidikan Karakter (distudi Multi Kasus Di Mi Mujahidin Dan Sdn Jombatan 6 Kabupaten Jombang)/, diakses anggal 12 April 2017

Ida, Faridatul, 2014 Peran Guru dalam peningkatan karakter siswa SMA Gorntalo

Jarudin, S., Kemal, E., Rahmat, W., & Yusri, R. (2019). At-TaDÄ«b as the Education Punishment: an Analysis of Reasons for Beating the Children in Islamic Law (A Case Study Junior High School in Indonesian).


Judiani, Sri. 2010. Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal Pendidikan Kebudayaan, Vol.16 Edisi Khusus III Oktober
2010

Kurniawan, Dwi Agus, Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Ipa Di Smp Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Curricula: Journal Of Teaching And Learning Vol 4 No 3 20 curricula.2019.
Kusuma, Eri Hendro. 2017 Implementasi pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA N 02 Kota Baru
Maunah, Binti, 2016. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa

Maulidya Sekar, Nurul 2017.Hubungan antara kecerdasan emosional dan copping strategy pada taruna tingkat I dan II sekolah Tinggi Perikanan Bogor. Jurnal Empati. Vol.6 No.4 Oktober 2017
Nisa Akramun. 2017. Pendidikan Karakter dalm tradisi keagaman masyarakat muslim Papua Barat.jurnal Kepemimpinan dan pendidikan islam. Vol.1(1) Desember
2017.ISSN Print: 2614-8463 ISSN Online: 2615-3734.
Nurjaman. Komara Omay, Julia 2018. Implementasi Pendidikan Karakter local Kasundan Berbasis Kebijakan SPBS di Kabupaten Sumedang jawa Barat.ejournal.Upi.Edu/Index.Php/
Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 5 No. 1 2018
Rianawati, 2017. The Implementation of education character on moral In MTsN 1 Pontianak in the academy year 2015/2016.Journal of education and practice ISSN 2222
-1735 (paper) ISNN 2222-288x (online) Vol.8 No.9,2017
Ruyadi, Yadi 2010.Model Pendidikan Karakter berbasis kearifan Budaya Lokal. Procceding of te 4Th. International Confernce on teacher education: join Conference UPI & UPSI bandung. Indonesia.8 -10 Nov 2010.
Sukmaningpraja . Ayasafira,dkk. Peran Regulasi Emosi terhadap Resiliensi pada Siswa Sekolah Berasrama Berbasis Semi Militer. Gadjah Mada Journal Of Psychology Volume 2, No. 3, 2016: 184-191 Issn: 2407-7798 E-Jurnal Gama Jop 184.
Tabroni, 2018 Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Salam Jurnal Studi Masyarakat Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang.Vol.14 No. 2. 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Riyana riya Mahartika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats