PENGARUH MEDIA PAPAN NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SDN No. 047/III SUNGAI PENUH



nofyta arlianti(1*)

(1) STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada penelitian ini penyebab rendahnya hasil belajar adalah metode belajar yang digunakan oleh guru kurang melibatkan keaktifan murid dan juga kurangnya kepedulian dari guru untuk memberikan media dalam pembelajaran. Selama ini guru hanya menggunakan metode mencatat di papan tulis dan tanya jawab dalam pembelajaran. Solusi dari permasalahan tersebut ialah menggunakan media papan napier. Dengan menggunakan  media papan napier dalam  pembelajaran matematika, diharapkan para siswa lebih aktif lagi, bisa dengan mudah memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar pengaruh media papan napier terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VA SDN No. 047/III Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Setelah dilakuakn analisis diperoleh rhitung> rtabel  yaitu 0,487 > 0,415, dimana harga r = 0,487 yang berharga positif maka terdapat pengaruh positif dari media papan napier terhadap hasil belajar matematika siswa. Koofisien determinasi (r)2 = 0,30, jadi besarnya hubungan variabel X terhadap Y adalah 30%. Ini berarti pengaruh media papan napier terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VA SDN No. 047/III Sungai Penuh adalah sebesar 30%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media papan napier terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VA SDN No. 047/III Sungai Penuh.


Keywords


Media papan Napier dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 nofyta arlianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats