PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ALAT PERAGA SEDERHANA FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)



Rika Yunita Anawati(1), Mujasam Mujasam(2), Sri Wahyu Widyaningsih(3*), Irfan Yusuf(4)

(1) Universitas Papua
(2) Universitas Papua
(3) Universitas Papua
(4) Universitas Papua
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis alat peraga sederhana terhadap HOTS peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA 1 MAN Prafi yang berjumlah 16 orang. Data hasil penelitian menggunakan uji paired samples t-test dengan nilai signifikansi α = 0,05. Pengambilan keputusan berdasarkan dari perhitungan sig 2 tailed sebesar 0,00.  Nilai Sig 2 tailed 0,00 < α = 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah H0 ditolak aau Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh model discovery learning terhadap HOTS peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain, terlihat bahwa terdapat pengaruh peningkatan berada dalam kriteria 0,3 ≤ g ≤ 0,70 yaitu 0,61 (pertemuan 1), 0,46 (pertemuan 2), dan 0,45 (pertemuan 3) peningkatan keseluruhan dalam krieria sedang. Pada perolehan nilai effect size pertemuan pertama sebesar 1,78 (tinggi), pertemuan kedua sebesar 0,66 (sedang), dan pertemuan ketiga 0,65 (sedang). Profil kemampuan peserta didik dapat dilihat dari rata-rata nilai dalam mengerjakan soal HOTS yaitu 78,45 (pertemuan 1) dalam kategori sangat baik dan 75,43 (pertemuan 2 dan 3) kategori sangat baik. Nilai yang diperoleh tersebut memiliki arti model discovery learning berbasis alat peraga sederhana memberikan pengaruh yang cukup tinggi terhadap HOTS peserta didik. Peserta didik lebih mudah menerima materi pelajaran pada tahap menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi.


Keywords


Discovery Learning, Alat Peraga Sederhana, Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rika Yunita Anawati, Mujasam Mujasam, Sri Wahyu Widyaningsih, Irfan Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats