PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF



Adelia Alfama Zamista(1*)

(1) Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
(*) Corresponding Author

Abstract


Kognitif diartikan sebagai potensi intelektual, lebih jelasnya kemampuan kognitif diartikan sebagai kemampuan yang dapat diamati dari aktivitas mental untuk memperoleh pengetahuan melalui pengalaman sendiri. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di STT Dumai diketahui bahwa belum tersedia bahan ajar yang memfasilitasi mahasiswa untuk membangun pengetahuannya sendiri. Maka pada penelitian ini dilakukan pengembangan dan penerapan modul fisika berbasis model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluation. Untuk melihat peningkatan kemampuan kognitif mahasiswa pada tahap implementation model ADDIE dilakukan pre experiment dengan one group pretest-posttest design, dan sampel penelitian dipilih menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menyelidiki peningkatan kemampuan kognitif mahasiswa adalah  tes. Pengolahan data kemampuan kognitif dilakukan dengan menghitung rata-rata gain yang dinormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatakan kemampuan kognitif mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata gain yang dinormalisasi sebesar 0,62 pada kategori sedang.


Keywords


modul fisika, model POGIL, kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References


Amin, M. 1987. Mengajar IPA dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inquiry Bagian I. Jakarta : Depdikbud.

Anderson, L.W. et.al. 2001. A Taxonomy for Learning and Teaching and Assesing : A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York : Longman.

Daryanto, 2013, Menyusun Modul, Yogyakarta: Gava Media.

Fraenkel, J.R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H, 2012, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw-Hill Companies, Inc., New York.

Hanson, 2005, Designing Process Oriented Guided-Inquiry Activities,

[online]. Tersedia: quarknet.fnal.gov/fellows/…/Designing_Pogil_ Activities.pdf. (Diakses, 22 Desember 2014).

Hanson, 2006, Instructor’s Guide to Process Oriented Guided-Inquiry Learning, Stony Brook University [Online]. Tersedia: www.pcrest.com (Diakses, 22 Desember 2014).

Hake, R.R., 1999, Analyzing Change/Gain Scores. American Educational Research Association’s Divison, Measurement and Research Methodology.

Hastuti, I., Surantoro., Dwi, T.R. 2011. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Kalor pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika UNS

Heuvelen, A.V., 2001, â€Milikan Lecture 1999: The Workplace, Student Minds and Physics Learning Systemsâ€. American Journal of Physics, 2001, 69, (11), 1138-1146.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zamista, A.A, 2015, Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA,Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Zamista, A.A, 2018, Development of Physics Modul Based on Process Oriented Guided Inquiry Learning as a Tools to Increase Sttudent Science Process Skills, Disampaikan pada International Seminar on Science Education 2018 (4thISSE UNY) (Prociding seminar is under editing process).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Adelia Alfama Zamista

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats