Reader Comments

Budi Daya Belut Di Kolam Tanpa Lumpur

by Velva Harris (2020-11-30)


2 years agoBelut ialah salah satu jenis ikan yang hidup pada air yang berlumpur, Belut kaya akan kandungan gizi bila dikonsumsi. Koperasi Usaha Cipta Mandiri yang dipimpin oleh Gunadi memang masih relatif muda, namun wawasan yang dikembangkan sangat luas dan menjangkau masa depan. Komitmen koperasi ini kepada rakyat kecil, petani dan peternak belut sangat tinggi, sehingga mereka mencari informasi selengkap mungkin untuk kemajuan dan kesejahteraan penangkap belut alam dan pembudidaya belut. Pengamatan yang dilakukan koperasi usaha ini memang mencengangkan, karena dapat mengungkap kondisi pasar lokal DIY dan sekitarnya. Disamping itu kondisi belut alam sebagai sumber mata pencaharian beberapa keluarga dipedesaan telah mengalami banyak penurunan bahkan menghilang samasekali dimusim kemarau, sehingga memerlukan langkah-langkah konkrit agar penghasilan dan kesejahteraan mereka tidak menurun.

Langkah selanjutnya adalah mengkondisikan kolam drum agar seperti habitat belut sebenarnya. Caranya dengan menanami eceng gondok di dalam kolam drum. Eceng gondok ini juga berfungsi untuk memproduksi oksigen bagi belut yang Anda pelihara di dalam drum. Sebagai acuan, jumlah supreme asian swamp eel health benefits eceng gondok dalam drum adalah kurang lebih 30% dari luas permukaan air di dalam drum.

Kelangkaan bibit belut menyebabkan meroketnya harga bibit belut sehingga sering membuat para pembudidaya belut, terutama para pemula, merasa frustasi untuk memulai usaha, budidaya belut padahal iming-iming peluang bisnis di bidang budi daya belut sangat menggiurkan. Terdapat dua cara untuk melakukan budidaya ternak belut, yaitu budidaya dengan media drum dan tanpa lumpur. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan akan dibahas lengkap hingga masa pemanenan. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkap mengenai cara budidaya ternak belut berikut ini.

Walaupun sampai sekarang ayah dari 3 anak tersebut mungkin merupakan satu-satunya pembudidaya belut di air bening tanpa lumpur, namun tekni dan temuannya sampai sekarang tidak dipatenkan, dengan alasan bahwa ilmu itu seharusnya disebarluaskan untuk kemaslahatan orang banyak. Bahkan saat ini telah ditulis buku tentang bagaimana cara budidaya belut diair bening tanpa lumpur dengan judul PANEN BELUT 3 BULAN DI MEDIA AIR BENING TANPA LUMPUR" yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya Cimanggis Depok tahun 2010, dan merupakan satu-satunya buku yang membahas tentang budidaya belut di air bening tanpa lumpur saat ini.

Budidaya belut di air jernih sangat efisien dan sangat menguntungkan. Caranya belut dari bibit tangkapan diadaptasikan dahulu ke dalam kolam yang komposisinya Lumpur yang nglenyet sedalam lutut orang dewasa, diatasnya gedebok pisang yang benar-benar busuk, diatasnya di taruhi jerami padi setelah itu diatasnya di kasih air jernih. Setelah satu bulan di taruh di kolam mediasi itu kemudian bulan keduanya Lumpur dikurangi tiap hari sampai habis, belum tidak kaget serta jadi terbiasa hidup diair jernih.

Setelah kolam pembenihan siap, masukkan induk belut. Anda bisa melihat ciri-cirinya pada keterangan di atas atau bertanya langsung pada penjual maupun dinas perikanan. Karena memilih belut jantan dan betina tidak mudah, maka sebaiknya pilih 2 kelompok belut yang ukurannya berbeda. Itu cukup berefek. Beberapa belut mulai mau menyantap pakan hidup yang diberikan. Sayang, tindakan itu terlambat dilakukan. Penyakit bercak-bercak merah keburu menjalar ke belut-belut lain. ‘Ujungnya, semua belut itu mati dalam waktu 3 minggu,' kenang Budi. Ia menduga penyakit itu disebabkan serangan bakteri aeromonas.belut sawah togel

Jika tidak bisa membuat hujan buatan, dapat diganti dengan menanam eceng gondok di seluruh permukaan kolam. Dengan cara itu bibit belut tumbuh cepat, hanya dalam tempo four bulan sudah siap panen. 1. Media tersebut tidak boleh memadat selam three ~ four bulan masa pemeliharaan. Biasanya proses memadatnya dari bawah menuju keatas". semakin memadat berati semakin Gagal panen", bisa jadi belutnya setelah kita panen masih tetap kecil - kecil dan cuma sedikit jumlahnya.