Reader Comments

Definisi dan Sejarah Blog

by August Batten (2020-09-03)


1.1 Pengertian Blog
Apa itu blog? Ada banyak definisi tentang blog. Salah satunya adalah : blog adalah singkatan berasal dari ‘web log’ yang mana merupakan suatu wujud aplikasi atau fitur web site yang isinya terdiri berasal dari beragam macam postingan (postingan blog) pada suatu laman.

Di mana tulisan atau tulisan berikut diletakan terbalik bersama postingan terakhir di letakkan di rangkaian paling awal, kendati tak selamanya demikian, gara-gara hal selanjutnya bergantung pengaturan dari pemilik blog itu sendiri.

Dengan begitu, pengguna internat sanggup mengakses, membaca atau mengkomentari tulisan di dalam blog selanjutnya sesuai bersama dengan tema atau topik yang sedang dicari. Umumnya, pengguna internet akan mengetikan kata kunci (kata kunci) pada mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, dan yang lainnya.

Kesimpulannya, secara sederhana, blog adalah web yang berupa pribadi bersama dengan berpusat terhadap penggambaran berasal dari blogger itu sendiri. Dengan kata lain, Blog atau Web Log merupakan kumpulan web teristimewa yang mana para blogger atau pemilik blog mampu menampilkan bermacam jenis mengisi seperti tulisan, musik, video, atau gambar yang isinya menarik untuk dikunjungi dan bisa dikomentari.

1.2 Ciri-ciri Umum Blog
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum

Memiliki nama dan alamat yang sanggup diakses secara online
Memiliki tujuan
Memiliki mengisi atau tulisan yang berbentuk artikel, catatan, dan informasi lainnya
Postingan atau isikan blog terarsip (tersimpan cocok tanggal, bulan dan tahun posting)
Isi Blog biasanya selamanya bertambah atau terupdate sesuai bersama target blog

Itu adalah ciri-ciri blog secara umum. Jadi sedikit tidak sama bersama dengan web ya. Kita bakal bahas itu nanti lebih jauh.

1.3 Sejarah Blog
Kalau anda tengah nyari bahan bikin tugas mata pelajaran TIK perihal peristiwa BLOG, maka ini dia. Ga usah berterima kasih mirip Admin ya, hehehe.

Pada awalnya, makna blog adalah weblog yang digunakan Jorn Barger pada 19 Desember 1997. Pada selagi itu hanya ada kira-kira 100 weblog di dunia dan weblog yang pertama kali terlihat adalah Xanga.


Pada April 1999 makna weblog beralih jadi we blog karena ketidaksengajaan Peter Merholz memisahkan kata we bersama blog. Sejak itulah, kata 'blog' menjadi dikenal secara luas oleh penduduk di seluruh dunia.

Apalagi pada tahun yang sama, blog makin lama tenar berkat Eans William dan Meg Hourian yang memicu blog tools (blogger) yang mana bersama dengan tools tersebut, sangat mungkin pengguna dapat membuat blog miliknya sendiri dengan mudah dan cepat.

Pada th. 2001, perkembangan blog jadi makin lama pesat sebab banyak orang yang paham dapat kegunaan blog. Masyarakat jadi banyak memakai blog bersama target masing-masing. Sehingga jangan heran sejak kala itu munculah beraneka ragam blog, mulai berasal dari blog di bidang wisata, jurnalisme apalagi di bidang politik.


Pada akhir th. 2002 blogger diambil alih alih oleh Google. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi sumber terbuka. Sehingga itu menyebabkan pertumbuhan blog tetap meningkat dari tahun ke th. sampai sekarang.

2. Beda Blog dengan Website
2.1 Konten
Perbedaan yang pertama mampu dicermati dari segi isikan atau kontennya. Pada umumnya, konten blog memuat artikel, video, atau podcast berkenaan satu atau lebih dari satu tema yang diminati oleh pemilik blog. Selain itu, konten blog umumnya adalah pengalaman, opini, atau kesibukan si pemilik blog, sesuai bersama definisi blog yang telah disebutkan sebelumnya.

Anda bisa membawa dampak blog bersama konten yang fokus terhadap satu tema, jika kuliner, teknologi, sepakbola, politik, atau games. Contoh blog yang fokus terhadap satu tema adalah blog Esai Edukasi yang berfokus terhadap tema-tema seputar pendidikan dan pengembangan diri.


Anda terhitung mampu membawa dampak blog yang memuat konten dari berbagai tema, yang pasti juga disesuaikan bersama dengan minat dan permohonan Anda. Contoh adalah Evander News ini yang berisi artikel berasal dari beraneka tema sesuai bersama permohonan dan kegemaran sang pemilik.

Sedangkan, konten web site biasanya berisi Info perlu perihal product atau layanan.

Misalnya, Anda sanggup membawa dampak website perusahaan yang berisi tentang sejarah, alamat, produk, kontak perusahaan.

Anda termasuk dapat mengakibatkan dan pakai website untuk keperluan organisasi, lembaga pendidikan, toko online, atau instansi pemerintah dan swasta.

2.2 Update
Dari aspek update konten pun blog dan situs berbeda. Blog lebih sering memperbarui kontennya secara berkala, sanggup setiap hari, dua hari sekali, atau seminggu sekali. Tergantung berasal dari sang pemilik blog (blogger). Setiap blog punyai jadwal update kontennya masing-masing. Oleh karena itu, konten di blog berbentuk dinamis gara-gara selamanya diperbarui didalam kurun waktu tertentu.

Update konten adalah perihal perlu bagi blog gara-gara konten merupakan nyawa dari blog.

Berbeda bersama dengan web yang kontennya mayoritas berisi Info produk atau sarana supaya update cuma berjalan kala ada pergantian Info produk atau fasilitas yang disediakan.

Maka dari itu, konten situs disebut statis karena tidak tetap memerlukan update.

2.3 Arah Komunikasi
Perbedaan yang lain berasal dari blog dan website selanjutnya terdapat pada arah komunikasi.

Arah komunikasi di blog berwujud interaktif karena pembaca blog sanggup meninggalkan komentar di tiap tiap artikel atau konten yang diposting.

Sedangkan arah komunikasi di situs lebih bersifat satu arah dikarenakan web umumnya tidak sedia kan kolom komentar di kontennya. Web lebih kerap mencantumkan fasilitas hotline ataupun (sekarang) tombol yang terintegrasi dengan sms, whatsapp ataupun BBM.

2.4 Subscribe
Agar pembaca tidak ketinggalan update konten terbaru, kebanyakan blog sediakan tombol subscribe atau berlangganan yang umumnya gunakan fasilitas RSS berasal dari feedburner. Pembaca dapat subscribe atau berlangganan terhadap blog supaya diberi notifikasi tiap-tiap ada konten baru.

Beberapa website juga tersedia yang sedia kan pilihan subscribe. Namun, berbeda berasal dari blog yang mengirimkan notifikasi update konten baru, web site biasanya mengirimkan newsletter yang berisi produk atau layanan baru. Ini dinamakan mailing list.

2.5 Gaya Bahasa
Dari segi gaya bhs yang digunakan termasuk berbeda. Sebenarnya model bhs blog variatif, tidak ada batasan tertentu. Ada yang mengfungsikan informal, tersedia termasuk yang menggunakan bhs formal.

Walaupun begitu, biasanya blog kenakan kata ubah ke dua seperti ‘kamu’, ‘loe’, atau ‘anda’ untuk memicu kontennya lebih personal. Blog memanfaatkan jenis bahasa yang lebih dinamis, personal dan mengalir sehingga pembaca tidak bosan ketika membaca artikel blog.

Sedangkan model bahasa yang digunakan web site biasanya lebih profesional, baku dan resmi sebab biasanya digunakan untuk tujuan formal layaknya instansi pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi, atau perusahaan.

2.6 Pengelola
Anda pasti telah kerap mendengar makna blogger, bukan? Nah, blogger adalah sebutan untuk para penulis atau pemilik blog. Biasanya blogger mengelola blognya secara mandiri. Anda bisa saja mengenal beberapa blogger yang sanggup raih kesukesan lewat blognya layaknya Darmawan dari Panduan IM, Alit dari Shittlicious ataupun Adi berasal dari Catatan Adi.

Berbeda bersama blog, biasanya website dikelola oleh tim ahli atau perusahaan yang terdiri berasal dari konseptor, copywriter, designer, ahli coding, dll.

2.7 Pembagian Konten
Perbedaan blog dan situs yang paling akhir terletak pada proporsi kontennya. Pembagian konten di blog kebanyakan berdasarkan tag dan kategori. Misalnya di Evander News yang punyai kategori Internet, Blog, Games, dll.

Sedangkan jatah konten pada web biasanya berdasarkan produk atau fasilitas yang ditawarkan. Misalnya, di kategori layanan, testimoni, alamat service, daftar produk, dll.

3. Jenis-jenis Blog
3.1 Berdasarkan Topik / Niche
Berdasarkan topik atau niche, blog mampu dikategorikan sebagai blog travelling, games, marketing, edukasi, dll.

Ada pula dikenal blog gado-gado, yakni blog yang mengupas tentang banyak topik tergantung cocok bersama dengan selera sang pemilik.

3.2 Berdasarkan Hosting
Berdasarkan hosting, ada blog bersama free hosting dan self hosting.

Free hosting artinya blog selanjutnya tetap menyewa di domain/layanan utama, layaknya wordpress gratisan, tumblt, medium, dll.

Sef hosting artinya pengelola menyewa sebuah hosting bersama dengan kuota spesifik untuk menyimpan dan menyesuaikan blognya. Blog layaknya ini dapat didaftarkan adsense.

3.3 Berdasarkan Platform
Mengingat ada banyak sekali platform yang amat mungkin kamu membuat/mengelola blog, maka tersedia banyak style blog yang berdasarkan perbedaan platform tersebut.

Beberapa platform yang kondang antara lain: blogger, wordpress, tumblr, medium, joomla, drupal, kompasiana, detik.blog, dll.

4. kegunaan Blog
4.1 Sebagai Sarana Promosi
Ada banyak sekali fungsi blog. Salah satu dan yang utama adalah sebagai sarana. Anda sanggup mengfungsikan blog sebagai personal branding. Hal ini kerap digunakan oleh para motivator, coach, dan personal trainer di luar negeri. Mereka membangun blog dan mailing list untuk dapat mempromosikan jasa mereka.

Selain itu anda juga mampu pakai blog sebagai layanan promosi product anda. Terlebih bersama dengan aneka template dan widget seperti saat ini ini, promosi product bakal jauh lebih mudah dan efektif daripada lima atau sepuluh tahun yang lalu.

4.2 Sebagai Sumber Penghasilan
Nampaknya menjadikan blog sebagai sumber pendapatan masih mendominasi. Ada banyak orang yang mengandalkan fasilitas layaknya adsense, banner promote, sharelink, backlink, dan jasa penjualan ebook sebagai sumber penghasilan. Syaratnya adalah memiliki trafik kunjungan blog yang tinggi dan konsisten.

4.3 Sebagai Media Ekspresi
Ada termasuk yang menyebabkan blog sangat personal. Blog type ini sepertinya digunakan untuk sarana penyaluran ekspresi dari sang blogger. Ia tidak dan bahkan terlampau tidak berminat memonetisasi blognya ataupun menempatkan iklan. Ia isi blognya seluruhnya untuk media share opini dan pemikiran.

4.4 Media Komunitas
Dahulu, para aktivis dan pegiat komunitas manfaatkan platform forum, baik itu di yahoo atau google sebagai wadah komunikasi antar anggota. Khususnya jika komunitas itu terlampau besar dan anggotanya tersebar di bermacam daerah.

Tetapi kini, blog lebih dilirik. Selain lebih menarik dan mudah, blog juga lebih efektif di dalam mempromosikan diri atau komunitas mereka kepada masyarakat.

Demikianlah pembahasan mengenai Blog: Definisi, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi anda. Ikuti tetap postingan dari kita ya cuma di Evander News.

If you have virtually any issues about exactly where and how you can make use of berita terbaru, you are able to contact us from the internet site.