APLIKASI PENGOLAHAN DATA GURU MDTA/TPSA SERTA GHARIM DAN IMAM MESJID SECARA ONLINE UNTUK DANA BANTUAN TAHUNAN



Reti Handayani(1*)

(1) AMIK Bukittinggi
(*) Corresponding Author

Abstract


Dana bantuan tahunan untuk para guru MDTA/TPSA serta gharim dan imam mesjid merupakan program tahunan yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemerintah daerah. Dana ini bisa diperoleh dengan ketentuan masa tugas masing-masing lebih dari satu tahun dan tidak boleh rangkap jabatan yang dibuktikan dengan surat keterangan aktif dari walinagari setempat, kenyataan nya selama ini untuk perekapan data guru MDTA/TPSA serta Gharim dan Imam masjid masih membutuhkan proses waktu yang lama dan pemberian bantuan tersebut ada yang rangkap jabatan dengan kurang pemeriksaan terhadap data yang telah dikumpulkan. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dibangun sebuah aplikasi pengolahan data guru MDTA/TPSA, gharim dan iman mesjid secara online, dengan metode metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D yang nanti nya terintegrasi mulai dari calon penerima bantuan dana tahunan sendiri, pihak kecamatan, sampai ke Bagian Kesra. Agar data-data guru MDTA/TPSA dan Gharim, Imam  Mesjid terorganisir dengan baik dan dapat menampung semua data guru MDTA/TPSA dan Gharim, Imam mesjid. Sehingga data yang telah diinputkan tersebut valid dan tidak terjadi redudancy data, agar pemberian bantuan tepat sasaran, dan mudah dalam perekapan dan pembuatan laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban dana bantuan tahunan.

Keywords


Sistem Informasi, Guru MDTA/TPSA, Online, Bantuan, Gharim, Imam

Full Text:

PDF

References


Prabowo, F. A., & Syani, M. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Sertifikat Berbasis Web Di Divisi Training Seamolec. JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA INDONESIA (JMII Vol 1/IV/2016) JMII Vol 2, No. 1, Januari-Maret 2017 ISSN: 2541-5093 SISTEM, 1(1), 73–81.

Rachman, F., & Maimun, A. (2016). MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH (MDT) SEBAGAI PUSAT PENGETAHUAN AGAMA MASYARAKAT PEDESAAN (Studi tentang Peran MDT Di Desa Gapura Timur Gapura Sumenep). ’Anil Islam, 9(1), 55–94.

Saputro, A., & Lestari, S. (2017). MASYARAKAT PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL PROVINSI SUMATERA SELATAN BERBASIS WEB, 50–57.

Suprapto, R., & Ag, S. (2014). Deradikalisasi Agama Melalui Pendidikan Multikultural-Inklusivisme, 15(2).

PERATURAN DAERAH KABUPATEN AGAM NOMOR 6 TAHUN 2016

Sutabri,Tata.(2012). Analisa Sistem Informasi.Andi:Yogyakarta

Widodo, Prabowo, Herlawati. 2011. Menggunakan UML. Informatika: Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Reti Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JSI Indexed by :

       

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: sainsinformatika@kopertis10.or.id

E ISSN 2502-096X | Print ISSN 2459-9549
 

 

      
Web
Analytics View My Stats