IMPLEMENTASI 2 LILITAN PHASA DAN 3 LILITAN PHASA TERHUBUNG TERHADAP TEGANGAN PADA MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) ROTOR LUAR DENGAN ANALISIS ANOVA



Sitti Amalia(1*)

(1) Intitute Teknologi Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak—Bagian penggerak merupakan bagian utama dari sebuah kendaraan. Salah satu bagian dari penggerak adalah Brushless Direct Current Motor(BLDC). BLDC memiliki banyak keunggulan dari motor DC, salah satunya adalah komutasi yang dapat dipisahkan, yaitu komutasi 2 lilitan phasa terhubung dan komutasi 3 lilitan phasa terhubung. Komutasi 2 lilitan phasa terhubung proses awal pergerakannya dimulai dari sedangkan untuk komutasi 3 lilitan phasa terhubung proses awal pergerakannya dimulai dariuntuk setiap perpindahannya secara elektrik. Sehingga daya menengah terjadi saat komutasi 2 lilitan phasa terhubung dan daya maksimum terjadi saat komutasi 3 lilitan phasa terhubung. Dalam penelitian ini respon yang ingin dilihat adalah jumlah RPM pada setiap kenaikan duty-cycle yang diberikan pada motor BLDC, dengan memvariasikan nilai tegangan. Anova merupakan metode keilmuan statistik yang digunakan untuk melihat respon sistem.


Keywords


Jaringan syaraf tiruan backpropagation ; Mel-Frequency Cepstrum Coefficients (MFCC).

Full Text:

PDF

References


Paul A.R, and George Mary, "Brushless DC Motor Control Using Digital PWM Technique," IEEE, pp. 1-6, 2011.

P. Alaeinovin, S. Chiniforoosh and J. Jatskevich, "Evaluating Misalignment of Hall Sensors in Brushless DC Motor," IEEE, pp. 1-6, 2008.

Fathoni, K., Perancangan dan Implementasi Sistem Kendali Kecepatan Motor Magnet Permanen Tiga Fasa sebagai Motor Arus Searah tanpa Sikat, Tesis Magister, Institut Teknologi Bandung, 2014.

Tadeus, D.Y., Perancangan dan Implementasi Rangkaian Sistem Kendali Posisi Rotor Magnet Permanen Tanpa Sikat yang Diperankan Sebagai Motor Stepper, Tesis Magister, Institut Teknologi Bandung, 2014.

Hartono, R, Perancangan dan Implementasi Sistem Kendali Sinkronisasi Kecepatan Dua Motor Magnet Permanent Tiga Fasa , Tesis Magister, Institut Teknologi Bandung, 2014.

bagenda, D.N, Rancang Bangun Sistem Kendali Sudut Pada Motor mangnet Permanent Sebagai Motor Stepper Dengan Pengaturan PWM , Tesis Magister, Institut Teknologi Bandung, 2014.

Universitas Islam Indonesia, Anova OneWay, Bandung, Universitas Islam 2013

Dharmawan, Abe. Pengendali Motor DC Brushless dengan Metode PWM Sinusoidal Menggunakan ATMega16. 2009.

Tri Sutrisno, Himawan., Borian, Pinto.: Kursi Roda Elektris. 2012. diakses pada tanggal 20 maret 2015

www.arisulistiono.com diakses pada tanggal 1 februari 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ipteks Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292

Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)

Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.