EVALUASI PENGGUNAAN MISOPROSTOL PADA KEHAMILAN POSTTERM DI BANGSAL KEBIDANAN RSUP DR. M. DJAMIL PADANG



Irene Puspa Dewi(1*), Zaita Salmiyati(2)

(1) Akademi Farmasi Prayoga
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan evaluasi penggunaan Misoprostol secara peroral dan pervaginam pada kehamilan postterm di bangsal kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang. Data penggunaan Misoprostol diambil secara retrospektif selama tiga bulan. Evaluasi dilakukan dengan meninjau faktor umur ibu hamil, dosis Misoprostol yang diberikan, graviditas (primigravida atau multigravida), waktu yang dibutuhkan untuk pematangan serviks dan waktu mulai dari pemberian obat sampai bayi lahir. Kemudian data tersebut ditabulasi dan dilakukan evaluasi. Dari hasil yang didapat diketahui bahwa umur ibu hamil yang paling banyak diberikan induksi dengan Misoprostol adalah ibu yang berusia antara 21-35 tahun. Dosis Misoprostol yang lazim digunakan baik secara peroral maupun secara pervaginal adalah 25 µg. Graviditas ibu yang melahirkan dengan induksi Misoprostol baik secara peroral maupun pervaginal adalah multigravida. Waktu yang dibutuhkan untuk pematangan serviks baik secara peroral maupun pervaginal adalah > 4 jam. Waktu yang dibutuhkan mulai dari pemberian obat sampai bayi lahir dengan induksi Misoprostol secara peroral adalah 7 jam 43 menit, dan secara pervaginal 4 jam 40 menit. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pemakaian Misoprostol secara pervaginam lebih efektif dan cepat dibandingkan secara peroral, walaupun berdasarkan umur pasien dan dosis misoprostol tidak didapatkan perbedaan yang cukup bermakna.


Full Text:

PDF

References


Cunningham FG, Leveno KJ dkk, 2001, Williiams Obstetrics, 21 ed, Terjemahan Andry hartuno dan Y. Joko Suyono, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Caughey B Aaron, Buttler R Jennifer, 2008, Postterm Pregnancy, E Medicine Obstetric and Gynecology.

Darmawinilsih S, 2001, Misoprostol. Drug Information Service, Program Studi Apoteker Jurusan Farmasi FMIPA Unand

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2008, Health Technology Assesment, Jakarta.

Edozien C Leroy,2011, Buku Saku Manajemen Unit Persalinan (The Labour Ward Handbook), Edisi 2, Terjemahan Tuti Hadiningsih, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Goodman, Gilman, 2008, Dasar Farmakologi Terapi, Vol 1, Ed. 10, EGC, Jakarta.

Jordan, Sue. 2002. Farmakologi Kebidanan. Jakarta: EGC

Kusumawardani, Cony dkk. 2012. Perbandingan Efektifitas Penggunaan Misoprostol 25 mcg dengan 50 mcg Pervaginam untuk Induksi persalinan di RSU Islam Harapan Anda Tegal. Semarang : Jurnal Undip Intitusional Repository

Manuaba, Ida Bagus Gde. 2001. Kapita Selekta Penatalaksanaan Rutin Obstetri dan Gynekologi. Jakarta : EGC

Muarif, Yanis Samsul. 2002. Perbandingan Keberhasilan Misoprostol dan Tetes oksitosin untuk Induksi Persalinan pada Kehamilan Lewat Bulan. Semarang : Jurnal Repository Undip

Neff J Matthew, 2004, ACOG Releases Guidelines On Management Of Postterm Publ. 13-47.

Nissen H Catherine, 1990, Chemical and Physical Properties of Misoprostol, Physicians and Scientist

Setyorini, 2010, The Relationship Beetween Parity with Success of Labor Induction Using Vaginal Misoprostol in RSUD Dr Moewardi Surakarta,Semarang, Universitas Sebelas Maret.

Sloanne, Benedict, 2009, Petunjuk Lengkap Kehamilan, Terjemahan Anton adiwiyoto, Pustaka Mina, Jakarta.

Tang OS, Danielssen K Gemzell, 2007, Misoprostol : Pharmakokinetic profiles,effects on the uterus and Side Effects, Review Article International Journal of Gynecology and Obstetrics, 99: S160-S167.

Wing DA, Weeks A, dkk, 2007, Misoprostol for Induction of Labor With a Life Fetus,International Journal of Gynecology and Obstetrics, 99: S194-S197.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ipteks Terapan

Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292

Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)

Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.