Makna Seni Musik Gendang Ketobung dalam Upacara Belian di Suku Terasing Propinsi Riau (Studi pada Suku Petalangan di Desa Betung Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan)



Nurmalinda ,(1*)

(1) Staf Pengajar Program Studi Sendratasik FKIP UIR dan Ketua Jurusan Bahasa dan Seni FKIP UIR
(*) Corresponding Author

Abstract


Musik gendang ketobung dalam upacara belian suku Petalangan merupakan salah satu kekayaan budaya di Riau. Penelitian ini merumuskan bentuk dan makna gendang ketobung dalam upacara belian. Dengan menggunakan metode deskriptif dan pemerolehan sumber data dilakukan dengan cara : dokumentasi, wawancara, dan observasi. Setelah data diperoleh selanjutnyadatadianalisis dan diolah untuk dapt menemukan hasilnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bentuk penyajian musik gendang ketobung dalam upacara belian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Gendang ketobung mengiringi kemantan untuk melakukan upacara belian.(2) Struktur fisik ketobung menggambarkan makna pohon alam secara utuh, dan tubuh manusia secara utuh.(3) Gendang ketobung berfungsi sebagai (a) perjalanan kemantan menembus alam yang ketujuh, (b)suao pemage pagar bagi semua pengikut upacara belian (c) sebagai penanda berhenti atau istirahat bagi pemukul gendang ketobung. Makna musik gendang ketobung dalam upacara belian adaiah makna pohon (alam), makna manusia, makna wafna, makna gendang yang secara keseluruhan telah dilambangkan dalam ketukan nada-nada yang dimainkan oleh pemukul gendang ketobung. Selain itu sangat bermakna sekali musik gendang ketobung dalam mengiringi upacara belian (pengobatan) jika dikolaborasikan, terwakililah makna kehidupan so sial yang dij alan oleh suku Petalangan.

Kata kunci : seni musik, upacara belian, suku terasing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ipteks Terapan

Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292

Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)

Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.