PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KECEMASAN PESERTA DIDIK SMA KELAS XI PADA MATERI SISTEM KOLOID



Zikra Azizah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II terhadap peningkatan penguasaan konsep dan penurunan kecemasan peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest, nonequivalent control group design. Subyek penelitian berjumlah 79 peserta didik kelas XI IPA di salah satu SMAN di kota Padang, terdiri dari 40 peserta didik kelas eksperimen dan 39 peserta didik kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes penguasaan konsep, kuesioner kecemasan, pedoman wawancara, dan lembar observasi peserta didik. Analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata yaitu Uji-t atau uji Mann-Whitney. Skor rata-rata N-Gain penguasaan konsep peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,60 dan kelas kontrol sebesar 0,49. Skor rata-rata N-Gain kecemasan peserta didik kelas eksperimen 0,45 dan kelas kontrol sebesar 0,36. Berdasarkan skor N-Gain terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep dan kecemasan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik dan menurunkan kecemasan peserta didik.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif; Jigsaw II; Penguasaan Konsep; Kecemasan; Sistem Koloid

Full Text:

PDF

References


Atkinson, R. L., Atkinson, R.C., dan Hilgard, E.R. (1996) Pengantar psikologi. Jakarta: Erlangga.

Eddy, R. M. (2000) Chemophobia in the college classroom: extent, sources, and student characteristics: Journal of Chemical Education. 77 (4), hlm 514-517.

Hake, R. R. (1999) Analyzing change/ gain scores. AERA-D-American Educational Research Association’s Division, Measurment and Research Methodology: Dept. Of Physics Indiana University.

Isjoni. (2009) Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Karacop, A. dan Doymus, K. (2012) Effects of jigsaw cooperative learning and animation techniques on students’ understanding of chemical bonding and their conceptions of the particulate nature of matter. Journal of Science Education Technology.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013) Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Lickona, T. (2013) Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Lonning, R.A. (1993) Effect of cooperative learning strategies on student verbal interactions and achievement during conceptual change instruction in 10th grade general science. Journal of Research in Science Teaching. 30 (9), hlm 1087-1101.

Mallow, J.V. (2006) Science anxiety: Research and action. National Science Teachers Association.

Oludipe, D. dan Awokoy, J.O. (2010) Effect of cooperative learning teaching strategy on the reduction of students’ anxiety for learning chemistryâ€. Journal of Turkish Science Education. 7 (1), hlm. 30-36.

Ormrod, J. E. (2008) Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang (A.Kumara, Trans). Jakarta : Erlangga.

Slavin, R. E. (2005) Cooperative learning, teori, riset, dan praktik (N. Yusron, Trans.). Bandung: Nusa Media

Uzuntiryaki, E., dan Aydin, Y. C. (2009) Development and validation of chemistry self-efficacy scale for college students. Res Sci Edu. 39, hlm 539-551.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ipteks Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292

Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)

Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.