PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN PAYAKUMBUH
sri nengsi(1*)
(1) STKIB ABDI PENDIDIKAN PAYAKUMBUH
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN 9 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif pendekatan Reciprocal teaching terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN 9 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized control-group posttest only design. Berdasarkan skor terakhir hasil belajar Biologi siswa, diperoleh rata-rata kelas eksperimen 76,89 dengan simpangan baku 7,7939 dan kelas kontrol 66,77 dengan simpangan baku 11,8487. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh t'=3,67> 2,05 talpha, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran aktif pendekatan Reciprocal teaching terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN 9 Payakumbuh.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Bahri, Djamarah Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Lufri. 2007. Strategi Pernbelajaran Biologi. Padang: UNP
Nur, Mohamad dan Wikandari, Prima Retno. 2000. Pembelajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Konstrukvis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.
Silberman, Melvin. 2009. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nursamedia.
Soepono, Bambang. 1997. Statistik Terapan dalam Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.
Sudjana, Nana. 2009. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:Kencana.
Uno, Hamzah.B, dkk. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini, Hisyam. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ipteks Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292
Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)
Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.