PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN PAYAKUMBUH



sri nengsi(1*)

(1) STKIB ABDI PENDIDIKAN PAYAKUMBUH
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN 9 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan  pembelajaran aktif pendekatan Reciprocal teaching terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN 9 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized control-group posttest only design. Berdasarkan skor terakhir hasil belajar Biologi siswa, diperoleh rata-rata kelas eksperimen 76,89 dengan simpangan baku 7,7939 dan kelas kontrol 66,77 dengan simpangan baku 11,8487. Berdasarkan hasil  analisis data maka diperoleh t'=3,67> 2,05 talpha, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran aktif pendekatan Reciprocal teaching terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN 9 Payakumbuh.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Bahri, Djamarah Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lufri. 2007. Strategi Pernbelajaran Biologi. Padang: UNP

Nur, Mohamad dan Wikandari, Prima Retno. 2000. Pembelajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Konstrukvis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.

Silberman, Melvin. 2009. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nursamedia.

Soepono, Bambang. 1997. Statistik Terapan dalam Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.

Sudjana, Nana. 2009. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:Kencana.

Uno, Hamzah.B, dkk. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini, Hisyam. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ipteks Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292

Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)

Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.