PENERAPAN SOSIOLINGUISTIK DALAM MEMAHAMI SOSIOKULTURAL MINANGKABAU UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER; CIME’EH DAN INSYA ALLAH ORANG MINANGKABAU



Yendra Yendra(1*)

(1) STKIP PGRI Sumbar
(*) Corresponding Author

Abstract


AbstrakPenerapan kajian sosiolinguistik dalam memahami kesalahpahaman terhadap sosial budaya Minangkabau fokus pada analisis tentang persepsi yang salah pada cime'eh dan Insya Allah orang Minang dalam pendidikan membangunan karakter. Studi ini bertujuan untuk menjelaskan segala aspek dari cime'eh sebagai konsepsi pola masyarakat Minangkabau yang dibangun melalui bentuk-bentuk dan karakteristik alam yang merupakan figur untuk semua aspek untuk melayani pengajaran dan filosofi hidup yang kemudian dituangkan ke dalam kritik sosial dalam pendidikan membangun karakter seperti pesan dan nasehat ataupun sebuah sindiran dan sentilan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan penggunaan Insya Allah sebagai cerminan dari kehidupan sosial Minangkabau dan hubungan antara bahasa, budaya, dan agama. Cara berfikir orang Minangkabau yang metaforikal merupakan manifestasi dari filosofi “alam takambang jadikan guru†yang mehubungan secara konseptual bentuk bahasa dengan dimensi sosio - budaya dilihat dalam kaitannya makna. Itulah pola linguistik yang berarti selalu berhubungan dengan pola budaya masyarakat tutur sosial budaya.

Abstract

Study about misunderstanding toward sociocultural of Minangkabau focus on analysis about wrong perception to cime’eh and Insya Allah by Minangnese in education of character building. This studies aims to explain any aspect of cime’eh as Pattern conception of Minangkabau community built through forms and characteristic of nature that prefigured to all aspects to serve the teaching and philosophy of life and then poured into social critic in character building. Beside that this studies also aims to explain using Insya Allah as mirror of Minangkabau social life and relationship between language and culture. Minangkabau  people whose way of thinking is metaphorical. This is a manifestation of the philosophy of  “Alam Takambang Jadi Guruâ€. Conceptual relationship of linguistic form with dimensions of the socio-cultural seen in relation of meaning. That is mean linguistic patterns are always associated with patterns of socio-cultural speech community including culture.

DOI: 10.22216/jit.2016.v10i1.466

 

 


Keywords


sosiokultural, Minangkabau, cime’eh, insya Allah, budaya dan bahasa, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu & Nur Uhbiyati. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anwar, Khaidir. 1995. Beberapa Aspek Sosio-Kultural Masalah Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Errington, Frederick K. 1984. Manner and Meaning in West Sumatera: The Social Context of Consciousness. New York:Yale University.

Jufrizal, Zul Armi, dan Sunaryo. 2005. Faktor Sosial Budaya Yang Mendorong Bergeser dan terdesaknya Bahasa Minangkabau Ragam Adat di Kota Padang. Logat: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Volume I (63-71). Diunduh dari www.pustakasumut.com/ download_jurnal.php.pdf.

Navis, AA. 1984. Alam Takambang Jadi Guru. Jakarta: Balai Pustaka

Revita,Ike. 2008. ‘Permintaan dan Penolakan dalam Bahasa Minangkabau (Tinjauan Sosiopragmatik). Disertasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sapir, E. 1949. Language. New York: Harcourt and Brace.

Sibarani, Robert. 2004. Antropolinguistik. Medan: Penerbit Poda.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2005. Jakarta: Cemerlang.

Willock, Brent. 2007. Comparative-Integrative Psychoanalysis. New York: The Analytic Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ipteks Terapan

Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292

Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)

Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.