EFEKTIFITAS METODE PRESEPTOR DAN MENTOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PERAWAT KLINIK
neila sulung(1*)
(1) Stikes Fort De Kock, Jalan Sukarno Hatta Bukittinggi
(*) Corresponding Author
Abstract
Perawat merupakan salah satu profesi dalam dunia kesehatan. Sebagai profesi tentunya diharapkan bahwa perawat harus dapat memberikan pelayanan yang profesional sehingga para perawat harus memiliki kompetensi yang memenuhi standar praktik keperawatan. Penelitian ini ditujukan untuk melihat pengaruh metode preseptor dan mentor dalam meningkatkan kompetensi perawat klinik anak terhadap peningkatan mutu pelayanan keperawatan profesional. Jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan multivarit time series analysis. Subjek penelitian adalah perawat yang bekerja di Ruang Anak,  Metode  preceptor mentor dapat meningkatkan kompetensi perawat anak dilihat dari nilai rata-rata: Motivasi internal terjadi peningkatan 1,8722 – 3,5060, Manajemen meningkat 1.8893 – 3,6300, motivasi extrinsik 2.0067 – 3.5547, kompetensi perawat 2.0040 – 3.5893 dan mutu pelayanan 2.0026 – 3.5953. Saat dilakukan intervensi sebanyak 2 kali terjadi peningkatan dari kompetensi perawat untuk masing-masing level karir dengan rata-rata 2.65. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa intervensi kompetensi dengan metode preceptor dan mentor yang dilakukan di Ruang Anak RSUP Dr. M. Djamil dapat meningkatkan kompetensi dan karir perawat serta mutu pelayanan keperawatan. Kesimpulan bahwa pelaksanaan intervensi kompetensi metoda preceptor dan mentor berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan perawat dengan skor nilai (p < 0,05) untuk semua level karir perawat klinik di Ruang Rawat Anak RSUP. Dr. M. Djamil Padang.
Â
Kata kunci: Â kompetensi, Â mentor preceptor, Â kualitas pelayanan
Â
Abstrak
Nursing is one profession in the world of health. As the profession is certainly expected that nurses should be able to provide professional service so that the nurses should have competence which meets the standards of nursing practice. This study aimed to see the influence of preseptor and mentors methods in increasing children's clinic nurse competencies against professional nursing services quality improvement. This type of research is quasi experimental design multivarit time series analysis. A method of preceptor mentor can increase the competency child clinical nurses seen from its value: motivation internal increase 1,8722 - 3,5060, management increased 1.8893 - 3,6300, motivation extrinsik 2.0067 - 3.5547, competence nurse 2.0040 - 3.5893 and service quality 2.0026 - 3.5953. Showed from this research after twice intervention to nurses increase the level of competence of each career with an average 2.65.Of this research can be seen that intervention competence with a method of preceptor and mentor done in the child RSUP Dr.M.Djamil Padang can increase the competency and career nurses and service quality of nursing. The conclusion that the implementation of the intervention methods competence preceptor and mentor skills significantly to influential nurse with a score value (p < 0.05) for all levels of career nurses in the clinic of Child Care  Dr. M. Djamil Padang Hospital.
Keywords:  competence, preceptor mentor, the quality nursing service.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Ipteks Terapan
Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292
Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)
Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id
View My StatsThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.