MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MATA KULIAH INTRODUCTION TO LINGUISTICS PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS STKIP PGRI SUMBAR



Yendra Yendra(1*), Willy Satria(2), Wahyudi Rahmat(3)

(1) STKIP PGRI Sumatera Barat
(2) STKIP PGRI Sumatera Barat
(3) STKIP PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Abstract

               The development of technology, especially information technology (internet), gradually unintentionally gives influence to education either directly or indirectly. The influence is clearly visible one of them to the method of learning. Learning methods that used to be done only face-to-face in the classroom and make the educator as a center of information (conventional) gradually begin to change towards learning that is also on-line based on the internet as an information center (E-Learning internet based). In STKIP PGRI Sumatera Barat E-Learning internet based learning method itself has been introduced and implemented since 2014, but has not been maximally optimized. This is because the method does not have a standard in its implementation, and also conventional face-to-face learning method can not be abandoned completely, hence there is overlap between the two. Accordingly, this study developed a model of learning that combines the concept of conventional learning with the concept of E-Learning internet based called Blended Learning. Blended Learning model is expected to be a solution to the above problems, so that the learning process can be implemented effectively. This research is research and development research (R & D) with the outcome is a product that is learning model design.

 

Abstrak

Berkembangnya teknologi khususnya teknologi informasi (internet), berangsur angsur tanpa disadari memberikan pengaruh terhadap pendidikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Pengaruh tersebut terlihat jelas salah satunya terhadap metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang dulunya dilakukan hanya secara tatap muka di dalam kelas dan menjadikan pendidik sebagai pusat informasi (konvensional) berangsur mulai berubah ke arah pembelajaran yang juga bersifat on-line yang berbasis kepada internet sebagai pusat informasi (E-Learning internet based). Di STKIP PGRI Sumatera Barat metode pembelajaran E-Learning internet based sendiri sudah diperkenalkan dan diterapkan sejak tahun 2014, tetapi belum telaksana secara maksimal. Hal ini disebabkan karena metode tersebut belum memiliki standar baku dalam pelaksanaannya, dan juga metode pembelajaran tatap muka secara konvensional belum bisa ditinggalkan secara utuh, karenanya terjadi tumpang tindih antara keduanya. Sehubungan dengan itu, pada penelitian ini dikembangkan sebuah model pembelajaran yang menggabungkan konsep pembelajaran konvensional dengan konsep E-Learning internet based yang disebut dengan Blended Learning. Model pembelajaran Blended Learning ini nantinya diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut di atas, sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana secara efektif. Penelitian ini adalah penelitian riset dan pengembangan (Research and Development/RnD) dengan luarannya adalah sebuah produk yaitu desain model pembelajaran.

 


Keywords


Metode Konvensional, E-Learning internet based, Blended Learning, Model

Full Text:

PDF

References


Allen, IE, dkk. 2007. Blending in: The Extent and Promise of Blended Education in the United States. USA: The Sloan Consortium.

Arend, R.I. 2008. Learning to Teach. New York: McGraw Hill Companies.

Buku Panduan Akademik dan Penyelenggaraan Pendidikan Tahun Akademik 2015/2016: STKIP PGRI Sumatera Barat. Hal: 194.

Chaeruman, U.A. 2011. Implementing Blended Learning: A Case Based Sharing Experience. diunduh dari http://www.teknologipendidikan.net/2011/06/21/implementing-blended-learning-a-case-based-sharing-experience/ pada tanggal 7 Maret 2016.

Cheung, W.S dan Khe Foon Hew. 2011. Design and Evaluation of Two Blended Learning Approaches: Lesson Learned.Australasian Journal of Educational Technology. No. 8. Volume 27. Hal.1319-1337.

Moestofa, Mochammad dan Meini Sondang S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMK Negeri 3 Surabaya. Nomor 1. Volume 02. Hal. 255-261.

Naidu, Som. 2006. E-learning A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. Australia: Sanjaya Mirsha.

Rifai, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Riyana, Cepi. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pedoman Bagi Guru. diunduh melalui http://kurtek.upi.edu/tik/content/blended.pdf pada tanggal 7 Maret 2016.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih, Dian. 2013. Implementasi Blended Learning By The Constructive Approach (BLCA) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNY (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: Thesis Universitas Negeri Yogyakarta.

Wibisono, Pradipha Wisnu. 2012. Online Learning (E-learning). diunduh dari http://www.pradipha.com/2012/01/online-learning-e-learning.html pada tanggal 9 April 2016.

Yang, Ming-Ying, Manlai You, Fei-Chuan Chen. 2005. Competencies and Qualification for Industrial Design Jobs: Inplications for Design Practice, Education, and Student Career Guidance. Elsevier Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ipteks Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292

Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)

Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.