ANALISA KEPUASAN SISWA TERHADAP SARANA PRASARANA SEKOLAH MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC



Khairil Hamdi(1*)

(1) STMIK Jayanusa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap sarana prasarana yang telah dimiliki oleh sekolah, dengan metode logika fuzzy model mamdani yang dibantu oleh software matlab. Fuzzy logic serta perhitungan manual. jika dibandingkan dengan penggunaan himpunan tegas (crisp) penggunaan logika fuzzy merupakan sistem yang linguistik sehingga lebih mudah dan efisien didalam mengkomunikasikannya. Sebagai input yang digunakan adalah 5 variabel yaitu bangunan sekolah, ruang belajar, laboratorium, perpustakaan dan sarana ibadah ditambah tingkat kepuasan sebagai output. Dari hasil yang dicapai nanti akan menggambarkan nilai kepuasan pada setiap variable sehingga dari pengolahan matlab akan menemukan nilai ouput yang dicapai.

 


Keywords


Logika fuzzy,,MATLAB, analisa, fasilitas sekolah

Full Text:

PDF

References


Khoiruddin, A. A. (2008). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Dengan Metode Fuzzy Associative Memory. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, (October), 43 – 48.

Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2004). Aplikasi Logika Fuzzy untuk pendukung keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 8.

Susilaningrum, S. (2011). Analisis permasalahan siswa dalam memahami pelajaran IPA biologi kelas VII kompetensi dasar mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme di SMP At-Thohiriyyah Semarang tahun ajaran 2010/2011. IAIN Walisongo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ipteks Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Online ISSN : 2460-5611 | Print ISSN : 1979-9292

Publish by LLDIKTI Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)

Jl. Khatib Sulaiman No 1 Kota Padang. Kode Pos 25144. Telp 0751-7056737. Fax 0751-7056737. Website:http://www.kopertis10.or.id

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.