Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu Balita ke Posyandu di Jorong Tarantang



Nurdin Nurdin(1*), Dina Ediana(2), Nila Sari Dwi Martya Ningsih(3)

(1) STIKes Fort De Kock
(2) STIKes Fort De Kock
(3) STIKes Fort De Kock
(*) Corresponding Author

Abstract


Posyandu serves to facilitate the community in knowing or checking health, especially for pregnant women and children under five. in Dharmasraya the achievement of weighing D / S on toddlers is in the 12th rank out of 19 regencies / cities in West Sumatra with an achievement of 73.5%, this figure shows lower achievement if in 2013 it was 82.9%. This study aims to determine the relationship between knowledge, work, motivation and the role of cadres with the participation of mothers of toddlers visiting posyandu. The research design was descriptive analytic withdesign cross sectional. The population of this study was 108 mothers of toddlers in Tarantang Jorong. The sampling technique is simple random sampling, the sample size is 85 respondents. Data collection techniques through observation, interviews and distribution of questionnaires to respondents. Data analysis usingtest chi square. The results showed that among 85 known samples who did not participate in Keposyandu visit 55.3% (47 respondents from the analysis there was a relationship between knowledge (Pvalue = 0.021, OR = 3.098), work (Pvalue = 0.014, OR = 3.467), motivation (Pvalue = 0.003, OR = 4.332), the role of cadres (Pvalue= 0.027, OR = 2.971) participation of mother's visit to posyandu. The conclusion of the study is that there is a relationship between knowledge, work, motivation, the role of cadres and the participation of mothers of toddlers to posyandu Motivate and invite mothers to toddlers to always go to posyandu every once a month.


Posyandu  berfungsi  untuk  memudahkan  masyarakat  dalam  mengetahui atau memeriksakan kesehatan terutama untuk ibu hamil dan anak balita. di Dharmasraya pencapaian penimbangan D/S pada balita berada pada rangking ke-12 dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dengan pencapaian 73,5%, angka ini menunjukan pencapaian lebih rendah jika dari pada tahun 2013 yaitu 82,9%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, pekerjaan, motivasi dan peran kader dengan partisipasi kunjungan ibu balita ke posyandu. Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 108 ibu balita di jorong tarantang. Teknik Pengambilan  sampel secara simple  random  sampling, besar sampel 85 responden. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pembagian kuesioner kepada responden. Analisis data dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara 85 sampel diketahui yang tidak partisipasi dalam kunjungan  keposyandu  55,3%  (47 responden dari hasil analisis terdapat hubungan antara pengetahuan  (Pvalue= 0,021, OR =3,098), pekerjaan (Pvalue=0,014, OR=3,467), motivasi (Pvalue=0,003,OR=4,332), peran kader (Pvalue=0,027,OR=2,971) partisipasi kunjungan ibu balita ke posyandu.Kesimpulan penelitian diketahui ada hubungan antara pengetahuan, pekerjaan, motivasi, peran kader dengan partisipasi kunjungan ibu balita ke posyandu. Memberikan motivasi serta mengajak ibu balita untuk selalu ke posyandu setiap satu bulan sekali.


Keywords


Posyandu; Knowledge; Work; Motivation; Role of Cadre

Full Text:

PDF

References


Cahyaningrum, 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Ibu Balita Dalam Kegiatan Posyandu Diposyandu Nusa Indah Desa Jenar Kecamatan Jenar Kabupaten Seragen. Seragen: Program Kebidanan. STIKes Ngudi Waluyo.

Depkes RI, 2009. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2007. Jakarta : Depkes RI Depkes RI, 2006. Peran Kader. Jakarta : Depkes RI

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, 2015. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, 2015. Laporan jumlah keseluruhan posyandu. Sumatera Barat.

Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, 2015. Profil Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, 2015. Laporan jumlah kependudukan dan jumlah posyandu. Dharmasraya.

Hidayati, 2010. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu Balita Ke Posyandu di Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Tanggerang: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri.

Jamiatun, Indah, 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Ibu Balita Dalam Menimbang Anaknya Ke Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Rorotan Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Jakarta: fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, UIN Syarif Hidayatullah.

Kementrian Kesehatan RI, 2011 dalam Suryaningsih. 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Kunjungan Ibu Bayi Dan Balita Ke Posyandu Di Puskesmas Kemiri Muka Kota Depok. Depok: Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Kementrian Kesehatan RI, 2012 dalam Suryaningsih. 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Kunjungan Ibu Bayi Dan Balita Ke Posyandu Di Puskesmas Kemiri Muka Kota Depok. Depok: Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Depkes RI, 2010 dalam Suryaningsih. 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Kunjungan Ibu Bayi Dan Balita Ke Posyandu Di Puskesmas Kemiri Muka Kota Depok. Depok: Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Kementrian Kesehatan RI, 2015, Profil Kesehatan Indonesia 2015. Indonesia

Reihana, 2012. factor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi ibu untuk menimbang balita ke posyandu. Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Yarsi.

Rinawati, 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Rendahnya

Kunjungan Balita Ke Posyandu Diwilayah Kerja Puskesmas Sukakarya Kota Sabang. Banda Aceh: Fakultas Ilmu Kesehatan. STIKes U’Budiyah Banda Aceh.

Rizka, Isnaini, 2015. Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Balita di Posyandu Desa Bulak Lor Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang. Jatibarang: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Unversitas Wiralodra

Miskin, S., Rompas, S., & Ismanto, A. Y. (2016). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN PERAN KADER DENGAN KUNJUNGAN BALITA DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS PINELENG Swengli. E-Journal Keperawatan, 4.

Sumini. (2014). Hubungan Motivasi Dengan Keaktifan Ibu Membawa Balita Ke Posyandu Di Kelurahan Tonatan Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Delima Harapan, 3(2), 38–46.

Miskin, S., Rompas, S., & Ismanto, A. Y. (2016). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN PERAN KADER DENGAN KUNJUNGAN BALITA DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS PINELENG Swengli. E-Journal Keperawatan, 4.

Sumini. (2014). Hubungan Motivasi Dengan Keaktifan Ibu Membawa Balita Ke Posyandu Di Kelurahan Tonatan Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Delima Harapan, 3(2), 38–46.

Suryaningsih, 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Kunjungan Ibu Bayi Dan Balita Ke Posyandu Di Puskesmas Kemiri Muka Kota Depok. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Syafrudin, Theresia dan Jomima, 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk Kebidanan. Trans Info Media: Jakarta




Copyright (c) 2019 Nurdin, Dina Ediana, Nila Sari Dwi Martya Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â