HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS 5 DI SD AL AZHAR SYIFABUDI PEKANBARU TAHUN 2012



Rika Sri Wahyuni(1*)

(1) Akademi Kebidanan Internasional Pekanbaru
(*) Corresponding Author

Abstract


Children in developing all the potential needed the support of the environment, especially from their parents. The role of parents is very high in determining student achievement, in this case the parents who pay attention to their children's education, will always pay attention to the learning needs of their children, so that their children can achieve good performance. This study aims to see there a relationship role of parents on student achievement in grades 5 SD Al Azhar Syifabudi Pekanbaru 2012. The research used a quantitative research design and analytic cross sectional approach. Data were analyzed using univariate and bivariate analysis with chi-square test. The results of the univariate analysis the study was obtained from 63 respondents, 98.4% of parents have a good role and 100% of students with good achievement. To test bivariate hit obtained x2> x2 table (13.4> 3.84), which means that there is a relationship role of parents on student achievement in grade 5 at SD Al Azhar Syifabudi Pekanbaru in 2012

 

Anak-anak dalam mengembangkan semua potensinya membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar, khususnya dari orang tua mereka. Peran orang tua sangat tinggi dalam menentukan prestasi siswa, dalam hal ini orang tua yang memperhatikan pendidikan anak mereka, akan selalu memperhatikan kebutuhan belajar anak-anaknya, sehingga anak-anak mereka dapat meraih prestasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah hubungan peran orangtua terhadap prestasi belajar siswa di kelas 5 SD Al Azhar Syifabudi Pekanbaru 2012. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan desain analitik dan pendekatan cross sectional. Data dianalisa dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian analisis univariat diperoleh dari 63 responden, 98,4% orangtua memiliki peran yang baik dan 100% siswa dengan prestasi baik. Untuk uji bivariate diperoleh x2 hit > x2 tabel (13,4 > 3,84) yang berarti terdapat hubungan peran orangtua terhadap prestasi siswa kelas 5 di SD Al Azhar Syifabudi Pekanbaru tahun 2012


Keywords


Role of the Parent; Student Achievement

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Hutchins, Penny. 2008. Game Kreatif Untuk Anak. Jakarta: Penerbit Andi

Irelan, Karin. 2002. 150 Cara Untuk Membantu Anak Meraih Sukses. Jakarta: Erlangga

Markum, Enoch. 1991. Anak, Keluarga Dan Masyarakat. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Melisa Palar, Pinkan , dkk. 2015. Hubungan Peran Orangtua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SDN Inpres I Sumaratas Kecamatan Lawongan Barat. Ejournal keperawatan Vol 3, No 02, Mei 2015.

Monty P. Satiadarma Dkk, 2003.Mendidik Kecerdasan, Pedoman Bagi Orang Tua Dan Gurur Dalam Mendidik Anak Cerdas. Jakarta: Media Grafika

Sastroasmoro, Sudigdo.2002. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto

Schaefer, Cahrles. 2007. Bagaimana Mempengaruhi Anak Pegangan Praktis Bagi Orang Tua. Jakarta: Dahara Prize

Soefandi, Indra Dkk. 2009. Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media

Surya, Sultan Dkk. 2008. Big Bang Spirit Mendorong Motivasi Anak Meraih Prestasi. Yogyakarta: Insan Madani

Yunanto, Sri Joko. 2004.Sumber Belajar Anak Cerdas, Jakarta: PT. Grasindo




Copyright (c) 2017 Rika Sri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â