HUBUNGAN MINAT TERHADAP BENTUK TES DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN TANAH DATAR



Momon Dt. Tanamir(1*)

(1) STKIP PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan, menganalisis, dan menggambarkan data minat terhadap bentuk tes dan gaya belajar siswa serta hasil belajar Geografi di SMA Negeri Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X, Kelas XI IS dan Kelas XII IS yang mengikuti mata pelajaran Geografi tahun ajaran 2012/2013, yaitu sebanyak 350 siswa SMA Negeri 1 Salimpaung, 467 siswa SMA Negeri 1 Sungai Tarab, 616 siswa SMA Negeri 1 Lintau Buo dan 405 siswa SMA Negeri 1 Rambatan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 326 siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel yaitu dengan teknik cluster proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Analisis data digunakan dengan dua cara yaitu: (1) analisis deskriptif, dan (2) analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat hubungan signifikan antara minat siswa terhadap bentuk tes dengan hasil belajar Geografi dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,337. (2) Terdapat hubungan signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar Geografi dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,261, dan (3) Terdapat hubungan signifikan antara minat terhadap bentuk tes dan gaya belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar Geografi dengan koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,394.

Keywords


minat terhadap bentuk tes, gaya belajar siswa dan hasil belajar Geografi

Full Text:

PDF

References


Ambiyar. (2012). Pengukuran dan Tes Dalam Pendidikan. Padang: UNP Press.

DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: PT. Mizan Pustaka

_______. (2007). Quantum Learning: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang Kelas. Bandung: PT. Mizan Pustaka

Djaafar, T. Z. (2001). Pendidikan Non Formal Dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan. Padang: FIP UNP.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. (2003). UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Jakarta. http:///www.dikti.go.id/files/atur/UU20-2003Sisdiknas. pdf.

Franzoni, A. L., & Assar, S. (2009). Student Learning Styles Adaptation Method Based on Teaching Strategies and Electronic. Media. Educational Technology & Society, 12 (4), 15–29. http://www.ifets.info/ journals/12_4/3.pdf.

Ghufron, Nur dan Risnawati, Rini. (2012). Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Jogyakarta: Pustaka Pelajar

Heineman. (2002). http://www.person-ality-project.org/perproj/others/ heineman/ home.html.

Krathwohl, David R. (2002). A Revisi of Bloom’s Taxonomy. The Ohio State University. Theory Into Pratice, volume 41, Number 4. http://www.unco.edu/cetl/sir/stating_outcome/documents/Krathwohl.pdf .

Muhibbin, Syah. (2009). Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa, Bisri, dan Sektiyawan, Inung. (2008). Kamus Lengkap Geografi. Yogyakarta: Panji Pustaka.

Nita Sitta Rachma, Cucu Sutarsyah, Hery Yufrizal. (2010). The Effect Of Learning Style On Students’ Reading Comprehension Achievement. Jurnal Portal Garuda. http://download.portal-garuda.org/article.php?article=328005&val=7230&title=The%20Effect%20of%20Learning%20Style%20on%20Students%20Reading%20Comprehension%20Achievement.

Prihadi, Endra, K. (2008). My Potency: Langkah-Langkah Praktis Menemukan dan Mengelola Potensi Dengan Daur Aktualisasi Potensi (DAP). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Slameto. (2002). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Momon Dt. Tanamir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats