ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP IPA DI SMP KABUPATEN MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI



Dwi Agus Kurniawan(1*), Astalini Astalini(2), Nugroho Kurniawan(3)

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) universitas jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan: Sikap berupa ungkapan suka ataupun tidak suka dan ungkapan menerima ataupun menolak suatu objek. Sikap menerima dilambangkan dengan sikap positif dan sikap menolak dilambangakan dengan sikap negatif  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap siswa berdasarkan tiga indikator sikap di SMP di Muaro Jambi. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah Penelitian survey. Instrumen yang digunakan berupa angket yang berfokus pada tiga indikator yang terdiri dari 26 pernyataan dan juga wawancara. Sampel pada penelitian ini berjumlah 2815 SMP di Muaro Jambi. Hasil: Hasil penelitaian tiga indikator sikap yang menjadi fokus penelitian dominan pada kategori baik. Imlpkasi sosial dari IPA menunjukkan kategori sangat baik dengan pesentase kategori 53,2%.  Kesenangan dalam belajar sains menunjukkan kategori baik dengan persentase 48,1%. Ketertarikan berkarir dibidag fisika berkategori cukup dengan persentase kategori sebesar 41,8 %. Implikasi:  Penelitian yang telah dilaksanakan terlihat bahwa sikap siswa di Sekolam Menengah Pertama berkategori baik, karena tiga indikator yang di teliti menunjukkan kategori baik.

Keywords


Sikap siswa, implikasi sosial IPA, kesenangan belajar IPA, minat berkarir

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Agus Kurniawan, Astalini Astalini, Nugroho Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats