IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION SKILL THROUGH INFERENCE



SUKARTA - KARTAWIJAYA(1*)

(1) STIE SAKTI ALAM KERINCI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, tujuan penelitian ini adalah to menemukan masalah-masalah dalam proses belajar dan mengajar dan menemukan solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini di lakukan pada siswa kelas VIII A SMP N 3 Kerinci. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa perubahan-perubahan selama proses belajar dan mengajar. Hasil dari tes di siklus I adalah 60. 24% dan meningkat ke 97.43% di siklus II. Tes nya dilakukan berdasarkan teks percakapan, siswa diminta membuat tebakan. Perubahan-perubahan tidak hanya terjadi pada tes reading siswa tapi juga dari hasil observasi dan catatan juga menunjukkan bahwa sikap siswa juga mengalamai perubahan lebih baik. Ada beberapa factor-faktor yang mempengaruhi perubahan-perubahan siswa pada keterrampilan membaca yaitu termotivasi dan menyenangkan, berpartisipasi, topic dan kegiatan-kegitan menarik dan cara mengajar.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan inference bisa meningkatkan keterampilan membaca siswa khususnya kelas VIII A SMP N 3 Kerinci. Harapan, semoga penelitian ini bisa menjadi masukan untuk guru bahasa Inggris untuk mengimplementasi inference dalam mengajar membaca di SMP.

Keywords


Membaca, Menebak, teks percakapan

Full Text:

PDF

References


Clowes, W. 1980. Reading and Thinking in English: Discourse in Action. London: Oxford University Press.

Devito, Joseph. 2010. Elements of Public Speaking. Pearson Education. Inc

Gay & Arasian, Peter. 2000. Educational Research: Competencies For Analysis an Application. 6th Edition. Tokyo: Printice Hall.

Hampton. 2006. Drawing inferences and conclusions. http://making inference.htm// accessed in August, 2017.

Hughes, Arthur. 2006. Testing for Language Teachers 2nd Edition. Cambridge University Press

Johnson, Andrew P. 2005. A Short Guide to Action Research. Boston: Pearson Education, Inc.

Kemmis, Steven and Robin Mc Taggart. 1988. The Action Research Planner. 3ndEdition. Victoria: Deakin University.

Kopitski, M. 2007. Exploring the Teaching of Inference Skills. http://www.inference.com. Accessed in August, 2017.

Kurland, Daniel. 2000. Inference: The Process. http://www.critical-reading.com. Accessed in August, 2017.

Lenin and Stalin. 2007. Conversation. http: //www.wikipedia.com. Accessed in May August 17, 2017.

Sudjana. 1986. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudiyono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wallace, Catherine. 1992. Reading. London: Oxford University Press.

Wikipedia. What is Conversation text? http://www.wikipedia.com. Accessed in 18 August, 2017.


Refbacks



Copyright (c) 2019 SUKARTA - KARTAWIJAYA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats