Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik



Suliyati Suliyati(1), Mujasam Mujasam(2), Irfan Yusuf(3), Sri Wahyu Widyaningsih(4*)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) Universitas Papua
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik SMK Negeri 2 Manokwari pada mata pelajaran fisika diakibatkan oleh beberapa hal yaitu kegiatan pembeajaran yang berorientasi pada pendidik seperti menggunakan metode ceramah dan latihan soal sehingga peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Pendidik juga kurang memanfaatkan alat peraga sebagai sarana pembelajaran sehingga peserta didik sulit untuk memahami konsep dan teori fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan model PBL menggunakan alat peraga sederhana. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan Time Series Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan melibatkan kelas X TKJ B. Pada penelitian ini peneliti membandingkan hasil belajar pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest sebesar 23,72 ± SD 22,11 kategori sangat kurang sedangkan posttest sebesar 43,91 ± SD 24,14 kategori cukup, hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL menggunakan alat peraga sederhana lebih meningkatkan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 2 Manokwari. Sejalan dengan hasil pengolahan data menggunakan Paired sample t-test, dengan taraf signifikan α = 5% diperoleh thitung = 4,778. Nilai ttabel diketahui 1,697 sehingga thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik antara sesudah dan sebelum diterapkan model PBL menggunakan alat peraga sederhana. Demikian pula berdasarkan uji n-gain diperoleh peningkatan perbedaan meskipun masih berada dalam taraf rendah g < 0,3 sehingga pembelajaran fisika dengan model PBL menggunakan alat peraga sederhana dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


problem based learning, alat peraga sederhana, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2007). Learning to Teachâ€. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill. Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara. Bekti, W. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2). Derlina. (2013). Pengruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Optik Geometri Kelas X Sma St.Yoseph Medan. Jurnal Pendidikan. Devi, D. S. (2012). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas VIII Smp Negeri 5 Sleman. Yogyakarta. Handayani, T., Mujasam, Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 2(1), 47-58. Lidinillah, D. A. M. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalahâ€. UPI: Tasikmalaya. Pramesti, G. (2014). Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta: Elex Media Komputindo. Prasetyorini, A. “Pemanfaatan Alat Peraga Ipa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri I Bulus pesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013â€. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo: Jurnal Pendidikan, Volume 2, No. 1, Mei . (2013). Prasetyorini, A. (2013). Pemanfaatan Alat Peraga IPA Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri I Bulus pesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan, 2. Setiono, dkk. (2012). Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Simulation Based Laboratory (SBL) Dan Video Based Laboratory (VBL)â€. Universitas Sebelas Maret, Surakarta: Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Solihin, M. (2011) Hubungan Konsep Diri dan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri pada Konsep Tekananâ€. (Skripsi) UIN Syarief Hidayatullah, Jakarta.. Tanamir, M. D. (2016). Hubungan Minat Terhadap Bentuk Tes Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Curricula, 1 (2), 41-51. Widyaningsih, S. W. (2011). Pembentukan Karakter Bertanggung Jawab Dan Rasa Ingin Tahu Melalui Penerapan Metode Quantum Learning Dengan Menggunakan Media Alat Peraga Sederhana Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional MIPA dan Pendidikan MIPA UNP. Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2015). Penerapan Quantum Learning Berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Panrita, Jurnal Ilmiah, 10(3). Wilyana. (2012). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep IPS Melalui Alat Peraga Dan Metode Yang Bervariasi Di Kelas V SDN 02 Lebong Utaraâ€. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 6(3). Yunita, K. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dilengkapi Media Virtual Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika SMA/MA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Suliyati Suliyati, Mujasam Mujasam, Irfan Yusuf, Sri Wahyu Widyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats