Pola Asuh Anak antara Ibu yang Menikah Usia Dini dengan Ibu yang Menikah Usia Dewasa di Wilayah Kerja Puskesmas Tapung Hilir 2 Kabupaten Kampar



riski novera(1), Rifa Rahmi(2*)

(1) STIKES AL-INSYIRAH PEKANBARU
(2) STIKES AL-INSYIRAH PEKANBARU
(*) Corresponding Author

Abstract


pola asuh merupakan  pola interaksi orang tua dengan anak dalam pendidikan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola asuh anak yang menikah usia dini dengan ibu yang menikah usia dewasa diwilayah kerja puskesmas tapung hilir 2 kabupaten Kampar. Metode penelitian jenis penelitian kuantitatif dengan desain analitik komparatif. Pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah ibu yang menikah usia dini 73 renponden dan ibu yang menikah usia dewasa 73 responden. Teknik pengambilan sampel proportional stratifit random sampling. Instrumen penelitian menggunakan keusioner. Analisa data yang digunakan dengan menggunakan Paired Sampel T Test. Hasil penelitian 73 responden ibu menikah usia dini 72,60 % menerapkan pola asuh anak permisif. 73 responden ibu menikah usia dewasa 54,8 % menerapkan pola asuh anak demokrasi. Uji statistik  Paired Sampel T Test  didapatkan p value 0,001< 0,05, maka ada perbedaan pola asuh anak antara ibu yang menikah usia dini dengan ibu yang menikah usia dewasa diwilayah kerja puskesmas tapung hilir 2 kabupaten Kampar. Diharapkan penelitian ini dapat memberi informasi kepada ibu dalam memberikan pola asuh anak  sehingga kepribadian anak terbentuk.

 


Keywords


Pola asuh , Pernikahan dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 riski novera, Rifa Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats