Kontribusi Kemampuan Merancang Pembelajaran dan Motivasi Kerja Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dosen STKIP-PGRI Sumatera Barat



Edi Suarto(1*)

(1) Prodi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi Kemampuan Merancang Pembelajaran dan Motivasi Kerja Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dosen STKIP-PGRI Sumatera Barat. Ada tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian adalah: 1) Terhadap kontribusi kemampuan meracang pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran dosen PGRI-STKIP Sumatera Barat, 2) Terhadap kontribusi motivasi kerja terhadap efektivitas pembelajaran dosen PGRI-STKIP Sumatera Barat, 3) Terhadap kontribusi kemampuan merancang pembelajaran dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap efektivitas pembelajaran dosen PGRI-STKIP Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan total sampling dengan melibatkan subjek sebanyak 71 orang dosen. Mereka adalah dosen PNSD dan Dosen Yayasan. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dan nilai mahasiswa. Data terkumpul itu kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukan bahwa : (1) Kemampuan merancang pembelajaran mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap efektivitas pembelajaran dosen PGRI-STKIP Sumatera Barat sebesar 35.5%, 2) Motivasi kerja mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap efektivitas pembelajaran dosen dosen PGRI-STKIP Sumatera Barat sebesar 42.4%, 3) Kemampuan merancang pembelajarn dan motivasi kerja secara bersama-sama memiliki kontribusi yang signifikan terhadap efektivtais pembelajaran dosen STKIP PGRI Sumatera Barat sebesar 63.2%. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan merancang pembelajaran dan motivasi kerja merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap efektivitas pembelajaran dosen STKIP PGRI Sumatera.

Keywords


Kemampuan merancang pembelajaran, motivasi kerja, efektivitas pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Micheal. 2000. A Hand Book of Human Resource Managemet. Diterjemahkan oleh Cikmat dan Haryanto. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Bafadal Ibrahim. 2002. Supervisi Pengajaran. Teori dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Eriggs, L. J, et al. (2008). Instructional Design. New Jersey: Educational Technology Pubi.

Devies, I.K. (2001). Instruktional Techique. Mc. Grow-Hill Book Company.

Depdikbud, (2002). Dasar-Dasar Ilmu Pedidikan. Jakarta: Dirjen. Dikti.

Dun, Rita and Kenneth J. Dun (2007). Administrator’s Gude to New Programs for Faculty Management and Evaluation. Parker Pubishing Co, Inc. New York.

Gagne, R.M, Briggs L, J. (2009). Principle of Instructional Design. Hoil, Rnehat and Winston.

Gerlach, V.S & Ely, D.P. (2000). Teaching and Media: a Systematic Approach. 2nd.Ed. Prentice Hall. Inc. Englewood Cliffs. New. Jersey.

Handoko, Martin. 2007. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yokyakarta. Kanasius

Haryono. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Reneka Cipta.

Hoy, Wayne K. and Cicil G. Miskel. 1978. Educational Administration, Theary Research and Practice. York: Random House.

Indra Djati Sidi. 2001. Menuju Masyarakat Belajar, Mengagas Paradikma Baru Pendidikan. Jakarta: Logos.

Kamars, M.D. 2000. Beberapa Dimensi epribadian Sebagai Faktor Diterminasi Efektivitas Mengajar: Studi Eksploratif di FKIE-IKIP Indonesia. Jakarta Disertasi SPs IKIP Bandung.

Kemp, JE. 2004. Proses Perencanaan Pengajaran. Terjemahan Asril Marjohan. ITB. Bandung.

Lucio W. A. & Mc. Neil, J.D. 2007. Supervision and Thought and Action. New York. Mc. Graw Hill Company.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

P. Anoraga. 2002. Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rohani, Ahmad.dkk. 2007. Study Pengembagan Model Pendidikan Profesional Kependidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. IKIP Bandung.

Rusyan, Tabrani, A dan Wijaya, Cece. 2002. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rudakarya.

Sanusi, Ahad, dkk. 2001. Studi Pengemangan Model Pendiidikan Profesional Tenaga Pendidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. IKIP Padang.

Smith, L. P & Ragan J. T. 2002. Instructional Design. Universty if Oklahoma.

Soekartawi. 2005. Mengajar yang Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.

_____, dkk. 2005. Meningkatkan Rancangan Instruksional (Instructional Design) untuk Memperbaiki Kualitas Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, 2003. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Edisi Kedua. Bandung: Tarsito.

Suparman, Atwi. 2007. Design Instruksional. PAU-PPAT-UT. Ditjen. Dikti, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Timpe A. Dele. 2003. Motivational of Personal: Jakarta. Rajawali Pres.

Wahjosunidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Grafindo Persada Willes, K. 1995. Supervisi for Better Sxhools. New. York: Prentice. Hall Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edi Suarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats