PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK



Triastuti Handayani(1), Mujasam Mujasam(2), Sri Wahyu Widyaningsih(3*), Irfan Yusuf(4)

(1) Universitas Papua
(2) Universitas Papua
(3) Universitas Papua
(4) Universitas Papua
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendiskripsikan hasil belajar dan mengukur perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan menggunakan model konvensional di SMP PGRI Salawati Kabupaten Sorong. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan The Matching Only Posttest Control Group Design dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan instrumen penelitian menggunakan tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 63,58, sedangkan kelas kontrol 51,79. Hasil pengolahan data menggunakan Independent Sample t-test, dengan signifikansi α = 5% diperoleh thitung = 4,160. Nilai ttabel=1,677 sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


hasil belajar; kooperatif; snowball throwing

Full Text:

PDF

References


Ali, S., & Khaeruddin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Chasanah, U. U., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Divisions) dengan Media Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 19 Manokwari. Pancaran Pendidikan, 5(2), 25-38.

Fraenkel, J. R., & Walen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Eduacation (7th ad). Boston: Mc Graw Hill.

Galura, I. A., Mujasam, & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Yapis Manokwari. Pancaran Pendidikan, 5(2), 103-118.

Hamalik, U. (1999). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hariyanti, R., & Amin, S. (2016). Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Curricula, 1(2), 41-51.

Huda, M. (2011). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kurnia, I. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal of Elementary Educatoin (JEE), 2(2), 23-29.

Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Apporoach to Content Validity. Chicago: Personnel Psychology.

Mulyana, E. S. (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Oviyanti. (2013). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Bervisi Sets Terhadap Hasil Belajar Koloid. Jurnal chemistry in education, 3(1), 96-101.

Purwati, I. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing disertai diskusi dalam Pembelajaran Fisika Kelas VII di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1-8.

Rasyid, M., & Side, S. (2011). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X SMAN I Bajeng Kab. Gowa (Studi pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon). Jurnal Chemica, 12(2), 69-76.

Sukertiasih. (2010). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Snowball Throwing pada Pokok Bahasan Limit Fungsi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Saraswati Mataram Tahun Ajaran 2007/2008. Jurnal Ganec Swara, 4(1), 69-78.

Sulasmini. (n.d.). Pengaruh Problem-Based Learning Dengan Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Smk Negeri 3 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(1), 29.

Tanamir, M. D. (2016). Hubungan Minat Terhadap Bentuk Tes Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Curricula, 1(2), 41-51.

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2015). Penerapan Pembelajaran Listrik Dinamis Model Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Pendekatan CTL dengan Integrasi Nilai-nilai Karakter Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pancaran, 4(2), 223-234.

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2015). Penerapan Quantum Learning Berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Panrita, 10(3), 680-693.

Wijayanthi, M. R. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal PGSD, 2(1), 1-10.

Yusriana, & Awal. (2014). Penggunaan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP N 4 Minas. Jurnal Lectora, 1(2), 92-103.

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189-200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Triastuti Handayani, Mujasam Mujasam, Sri Wahyu Widyaningsih, Irfan Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats