Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Tahun Pelajaran 2014/2015
Fepryna Yenti(1), Fepryna Yenti(2*)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Â
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang dilaksanakan masih berpusat pada guru, sehingga menyebabkan pemahaman konsep matematika siswa rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan Randomized Control Group Only Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah Random Samplin. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung = 2,3105 dan ttabel = 1,69, karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Tahun Pelajaran 2014/2015.Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan: Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Suyatno. 2009. Menjelajahi Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmesia Buana Pustaka.
Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Siregar, Sofyan. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.
Walpole, Ronald. 1993. Pengantar Statistik Edisi ke-3. Jakarta: PT Gramedia Utama
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Fepryna Yenti, Fepryna Yenti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:
Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X
Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email:Â jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id