Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Tahun Pelajaran 2014/2015



Fepryna Yenti(1), Fepryna Yenti(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is motivated by the learning of mathematics held still centered on the teacher, thus causing low student understanding of mathematical concepts. One way to improve the understanding of mathematical concepts with the application of learning models Contextual Teaching and Learning (CTL). This research is a quasi-experimental research, the design Randomized Control Group Only Design. The population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 2 X Koto consisting of four classes. The sampling technique researchers use a Random samplin. Samples were selected namely VIII2 class as an experimental class and class VIII3 as the control class. Testing the hypothesis used t-test at the level of α = 0.05 obtained t = 2.3105 and table = 1,69, because thitung> ttable then the hypothesis is accepted on the level of 95%. It can be concluded that the students' understanding of mathematical concepts by using model Contextual Teaching and Learning (CTL) is better than the conventional learning models eighth grade students of SMP Negeri 2 X Koto in the academic year 2014/2015.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang dilaksanakan masih berpusat pada guru, sehingga menyebabkan pemahaman konsep matematika siswa rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan Randomized Control Group Only Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah Random Samplin. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung = 2,3105 dan ttabel = 1,69, karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Tahun Pelajaran 2014/2015.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan: Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Suyatno. 2009. Menjelajahi Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmesia Buana Pustaka.

Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siregar, Sofyan. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Walpole, Ronald. 1993. Pengantar Statistik Edisi ke-3. Jakarta: PT Gramedia Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Fepryna Yenti, Fepryna Yenti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats