PENGARUH PENERAPAN DAYA TAHAN KARDIOVASKULER (VO2MAX) DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PS BINA UTAMA



Hari Adi Rahmad(1*)

(1) STKIP MERANTI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kondisi fisik memegang peranan penting untuk pencapaian sebuah prestasi yang baik, karena kondisi fisik merupakan dasar utama bagi atlet untuk bisa bermain dengan baik dan memperoleh kemenangan. Tingkat kondisi fisik yang baik diperlukan dalam permainan sepakbola karena untuk bisa bermain selama 2 x 45 menit permainan harus memiliki daya tahan kardiovaskuler (VO2Max) yang baik. Kelentukan diperlukan untuk meluaskan gerak, daya ledak saat melakukan tendangan seperti shooting ke gawang lawan atau melakukan long passing. Kelincahan diperlukan untuk menggiring bola dan melewati lawan, kecepatan diperlukan untuk melakukan sprint dalam melakukan dribbling, sedangkan kekuatan merupakan pondasi melakukan lompatan, heading bola atau saat perebutan bola. Penerapan daya tahan kardiovaskuler (vo2max)  untuk daya tahan aerobik diukur dengan bleep test. Hasil analisis diperoleh bahwa tingkat daya tahan aerobik atlet 0% kategori baik sekali, 30,4% kategori baik, 30,4% kategori sedang,39,1% kategori kurang, 0% kategori kurang sekali.  Berdasarkan hasil penelitian ini, kondisi fisik atlet sepakbola PS Bina Utama Mungka Kabupaten 50 Kota berada pada kategori sedang,  oleh sebab itu perlu ditingkatkan lagi daya tahan pemian terutama pada kemampuan kekuatan otot tungkai dan daya tahan aerobiknya.


Keywords


Kondisi Fisik, VO2Max, PS Bina Utama

Full Text:

PDF

References


Hastuti, T. A. (2008). Kontribusi Ekstrakurikuler Bolabasket Terhadap Pembibitan Atlet dan Peningkatan Kesegaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmanai Indonesia, 5(April), 45–50.

Mihardja, L. (2004). Sistem energi dan Zat Gizi yang Diperlukan Pada Olahraga Aerobik dan Anaerobik. Kedokteran Universitas Indonesia, Majalah Gizi, 1–13.

Moleong, L. (1995). Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nugraha, R. (2013). Profil Kemampuan Daya tahan (VO2max) tim Sepak bola SURATIN dan tim PORDA SUMEDANG Universitas Pendidikan Indonesia. UPI.

Rahmat, W. (2015). Bahasa Anacaman Dalam Teks Kaba Sabai Nan Aluih Berbasis Pendekatan Linguistik Forensik. Jurnal Arbitrer, 2(7).

Sapulete, J. J. (2012). Hubungan Kelincahan dan Kecepatan dengan Kemampuan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa SMK Kesatuan Samarinda. UNM.

Simon, R. (2006). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan VO2MAX Antara Anak Tunagrahita Ringan dengan Anak Normal.

Situmorang, A. S. (2012). Gaya Kepemimpinan Pelatih Olahraga dalam Upaya mencapai Prestasi Maksimal. PKR-2.

Subarjah. (2012). Latihan Kondisi Fisik. UPI.

Sukamti, E. R. (2001). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Sebagai Dasar Menuju Prestasi Olah Raga. FIK-UNY.

Sunjata, A. W. danTeguh S. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. CV Setiaji.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Hari Adi Rahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats