ANALISIS RESPON MUZAKKI TERHADAP RENCANA PEMBENTUKAN UNIT PENGUMPUL ZAKAT (STUDI PADA UNIVERSITAS LANCANG KUNING)



Idel Waldelmi(1*)

(1) Universitas Lancang Kuning
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is in background, zakat that can encourage capital investment and cooperation in industry and commerce where the pushing factor is psychological motive and economic motive and the purpose of this research to know and analyze the muzakki response to UPZ formation in University of Lancang Kuning and what can be done By UPZ managers in collecting zakat. Data analysis method used in this research is descriptive analysis method. The results of to muzakki response to zakat collection unit (Upz) with score score score 4.08 in high category. Of the seven items in question there are three items that are still in the category below average ie the clarity of the office pelayann zakat, uni way in collecting zakat and zakat collection system work. The obstacles faced by managers and officers in carrying out the mandate entrusted to the officers of the Upz limited ability, lack of experience and time socialize and officers who time is limited.

 

Penelitian ini di latarbelakangi, zakat yang dapat mendorong investasi modal dan kerjasama dalam industry dan perdagangan dimana factor yang mendorong tersebut yakni motif psikologis dan motif ekonomi dan tujuan dari penelitian ini mengetahui dan menganalisis respon muzakki terhadap pembentukkan UPZ di lingkungan Universitas lancang Kuning serta apa bisa dilakukan oleh pengelola UPZ dalam mengumpulkan zakat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian tehadap respon muzakki terhadap unit pengumpul zakat (Upz) dengan nilai skor jawaban 4,08 dalam kategori tinggi. Dari tujuh item yang ditanyakan terdapat tiga item yang masih dalam kategori dibawah rata rata yakni kejelasan kantor pelayann zakat, cara uni dalam mengumpulkna zakat dan sistem kerja pengumpulan zakat. Hambatan yang dihadapi pengelola dan petugas dalam menjalankan amanah yang dipercayakan ke petugas Upz yakni kemampuan yang terbatas, minimnya pengalaman dan waktu mensosialisasikan serta petugas yang waktunya terbatas.


Keywords


Muzzaki; Zakat

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Anang Ariful Habib, 2016. Journal of Accounting and Business Studies Vol. 1, No. 1, September 2016. J o u r n a l Ofc A c o u n ting a n d B us si ne s, (,e 1 1 S ) Sep t e m b e r 2016, 1(1), pp.21–37.

Anon, 2013. Respon Pengurus Forum Organisasi Zakat Terhadap Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Skripsi, (23).

Bachmid, G. et al., 2012. Perilaku muzakki dalam membayar zakat mal (Studi fenomenologi pengalaman muzakki di Kota Kendari ). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(2), pp.425–436.

Daulay, A.H. & Irsyad Lubis, SE, M.Soc, Sc, P.., 2006. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keengganan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Instansi Bazis/Laz Di Kota Medan ( Studi Kasus : Masyarakat Kecamatan Medan Tembung ) Abdul. Jurnal ekonomi dan keuangan, Vol.3 No.(38), pp.241–251.

Ii, B.A.B. & Malang, J., 2005. No Title. , pp.1–63.

Kholiq, A., 2012. Pendayagunaan zakat, infak dan sedekah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin di kota semarang. Jurnal Riptek, 6(I), pp.39–47.

Mukhlis, A., & Beik, I. S. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepatuhan Membayar Zakat: Studi Kasus Kabupaten Bogor Analysis of Factors Affecting Compliance Level of Paying Zakat: A Case Study in Bogor Regency. Jurnal al-Muzara’ah, 1(1), 83.

Muid, A. Strategi LAZ Baitul Maal Hidayatullah dalam menjaga loyalitas donatur.

Repelita, 2013. Membangun Peradaban Zakat (Studi Terhadap Ayat, Hadis dan Regulasi Negara tentang Zakat, Infak dan Sedekah) Repelita. Jurnal Islamika, 13, pp.57–76.

Syariah, P. et al., 2009. Implementasi pendistribusian dana zakat infaq dan shadaqah (zis) perbankan syariah untuk pemberdayaan usaha kecil mikro (ukm) di malang. skripsi, pp.1–32.

Uzaifah, 2007. Studi Deskriptif Perilaku Dosen Perguruan Tinggi Islam DIY Dalam Membayar Zakat. jurnal la Riba, I(1), pp.127–143.

Wijayanti, E.M., 2013. Akuntabilitas dan Transparasi Pengelolaan Dana Zakat. EBBANK, Vol. 4 No., pp.2–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Idel Waldelmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Benefita has been migrated to the new website. To make a new submission in Jurnal Benefita, you can easily go to new webstie link HERE and register.

 

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E ISSN 2477-7862                                                    Â