SIMULASI PENJADWALAN KEGIATAN FISIK NAGARI BERBASIS METODE FUZZY LOGIC APPLICATION FOR SCHEDULLING



Dona Kurnia(1*), Wizra Aulia(2)

(1) Amik Bukittinggi
(2) Amik Bukittinggi
(*) Corresponding Author

Abstract


Simulasi berbasis Metode Fuzzy Logic Application For Schedulling (FLASH) dalam penjadwalan kegiatan fisik dana nagari bertujuan untuk mengakomodasi ketidakpastian durasi kegiatan yang sering menimbulkan keterlambatan dalam setiap kegiatan fisik yang menyebabkan durasi kegiatan yang di prediksi tidak sesuai dengan waktu penyelesaian kegiatan. Kegiatan Fisik dana nagari meliputi kegiatan-kegiatan berupa pembangunan dan renovasi seperti jalan, bedah rumah, jembatan, irigasi dan lain-lain, analisa durasi kegiatan yang dilakukan selama ini hanya berdasarkan analisa dari Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) tanpa didasari oleh sistem yang terukur. Melalui penelitian ini durasi kegiatan akan diukur dengan simulasi penjadwalan metode fuzzy logic application for schedulling (FLASH) yang disimulasikan pada kegiatan-kegiatan fisik dana nagari dengan contoh kasus kegiatan cor jalan di parik lintang nagari Ladang Laweh . Setelah dilakukan penelitian pengukuran durasi kegiatan dengan metode flash lebih optimal dibandingkan dengan durasi kegiatan secara manual sehingga dengan penerapan metode Flash sistem penjadwalan mampu dianalisa secara cepat, tepat dan efisien. Simulasi sistem penjadwalan kegiatan fisik nagari dengan metode flash  akan diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman visual studio 2010 dan MySQL

Keywords


Simulasi, Penjadwalan, Durasi, Kegiatan

Full Text:

PDF PDF

References


R. D. N. Sunarsan Sitohang, “Fuzzy Logic Untuk Menentukan Penjualan Rumah Dengan Metode Mamdani (Studi Kasus: PT. Gracia Herald),†J. ISD, vol. 2, no. 2, 2017.
[2] D. Usmanul Hayadi Umar, “Sistem Informasi Penjadwalan Proyek Konstruksi Menggunakan Metode Fuzzy Logic,†Comput. Inf. Sci. J., vol. 9, no. 1, 2015.
[3] M. N. Ihwanudin, “Analisa Penjadwalan Proyek Pipa Carbon Dengan Metode Fuzzy Logic Application For Schedulling,†Matrik, vol. 17, no. 2, 2017.
[4] A. M. Huda, “Perencanaan Penjadwalan Kantor Gedung PT. Gresik Jasa Tama Dengan Metode Fuzzy Logic Application for Schedulling,†Matrik2, vol. 14, no. 2, 2014.
[5] E. Maiyana, “Penyewaan Online Wedding Organizer Berbasis Web,†Sains Dan Inform., vol. 5, no. 1, 2019.
[6] V. Y. I. Ilwaru, “Penjadwalan Waktu Proyek Pembangunan Rumah Dengan Menggunakan CPM (Critical Path Method) Studi Kasus : Pembangunan Rumah Tinggal di Desa Amahusu Kota Ambon,†Ilmu Mat. dan Terap., vol. 12, no. 2, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dona Kurnia, Wizra Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JSI Indexed by :

       

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: sainsinformatika@kopertis10.or.id

E ISSN 2502-096X | Print ISSN 2459-9549
 

 

      
Web
Analytics View My Stats