SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN SARANA LABORATORIUM SISTEM INFORMASI



Rahmadini Darwas(1*)

(1) STMIK Indonesia Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract
Laboratory is one of the supporting facilities in im[roving the learning process. Problems found by students regarding the information system laboratory facilities at STMIK Indonesia Padang are the computers that suddenly die when operated, the less cold room, display data is blurred, making the inconvenience in the learning process that causes the students less satisfied with the services provided. Students will feel satisfied if the service is expected to match the received. Therefore, a decision support system is needed to analyze the quality of services provided to the students so that it can support the role and function of the laboratory optimally and what attributes need to be improved the quality of service. The method used is Fuzzy Service Quality (Servqual) method. The results showed that the service quality received was not in accordance with the expected because there is a gap of -1.55 for tangibles dimension. Attributes that need to be improved the quality of services are laboratory space is cool and comfortable, the use of laboratories relevant to the field of science, the responsibility of laboratory assistant, the availability of professional teachers and attitudes and behavior of labor officers.

Abstrak
Laboratorium merupakan salah satu fasilitas pendukung dalam meningkatkan proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan mahasiswa mengenai fasilitas laboratorium sistem informasi pada STMIK Indonesia Padang adalah komputer yang tiba-tiba mati saat dioperasikan, ruangan yang kurang dingin, data display yang buram sehingga membuat ketidaknyamanan dalam proses pembelajaran yang menyebabkan mahasiswa kurang puas terhadap layanan yang diberikan. Mahasiswa akan merasa puas apabila layanan yang diharapkan sesuai dengan yang diterima. Oleh sebab itu, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk menganalisis kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa sehingga dapat mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal serta atribut apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas layanannya. Metode yang digunakan adalah metode Fuzzy Service Quality (Servqual). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang diterima belum sesuai dengan yang diharapkan karena terdapat gap sebesar -1.55 untuk dimensi tangibles. Atribut yang perlu ditingkatkan kualitas layanannya yaitu ruangan laboratorium yang sejuk dan nyaman, penggunaan laboratorium yang relevan dengan bidang ilmu, tanggungjawab asisten labor, tersedianya tenaga pengajar yang professional dan sikap serta perilaku petugas labor

Kata kunci : sistem pendukung keputusan, laboratorium, fuzzy, servqual



Keywords


decision support system;laboratory;fuzzy;servqual

Full Text:

PDF

References


Hamdi, K. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENGANALISA TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP FASILITAS SEKOLAH MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY (Studi Kasus SMK Negeri 2 Padang) Khairil Hamdi 1. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 8.

Harto, B., Jurusan, D., Informasi, S., Tinggi, S., Informatika, M., & Komputer, D. (2015). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN FUZZY SERVQUAL DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Di Bengkel Resmi BAJAJ Padang). Jurnal TEKNOIF, 3(Vol.3 No.1), 20–30.

Kartika, N. F., & Suprayogi. (2017). Implementasi Fuzzy -Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Layanan Mahasiswa. Sisfotenika, 7(1), 38–49. Retrieved from http://www.sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST/article/viewFile/132/126

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumadewi, S., & Hari, P. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mustofa, M., Handoyo, & Ernawati, D. (2016). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Menggunakan Metode Service Quality(Servqual) Fuzzy di PT. Pos Indonesia Sidoarjo. Tekmapro, 11(1).

Nurjannah. (2015). LABORATORIUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL ( STUDI KASUS : LABORATORIUM TEKNIK INDUSTRI DASAR , 9(9), 10–13.

Purnamawati, E. (2012). Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian tugas akhir ini adalah : “ Menganalisis kualitas layanan pada bidang pencatatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan menggunakan metode Servqual dan Analytical Hierarchy Process. Tekmapro.

Septiarani, A. V., Setyanto, N. W., & Efranto, R. Y. (2014). Peningkatan Kualitas Pelayanan Nasabah BPJS Ketenagakerjaan dengan Metode Fuzzy-Servqual dan Indeks PGCV. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 4(2).

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. In F. Hutari (Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Turnip, H., Situmorang, M., & Siregan, R. (2014). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan dengan metode fuzzy service quality, 2(2), 163–171.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rahmadini Darwas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JSI Indexed by :

       

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: sainsinformatika@kopertis10.or.id

E ISSN 2502-096X | Print ISSN 2459-9549
 

 

      
Web
Analytics View My Stats