PEMBANGUNAN APLIKASI PEMASARAN PERUMAHAN DEVELOPER KOTA PADANG DENGAN KONSEP COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMEN (CRM)



Raja Ayu Mahessya(1*), Hezy Kurnia(2)

(1) UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG
(2) UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

The House is one of the primary requirements for the community. But sometimes to get information on home ideals must take that much because of the need to visit the offices of developer the related needs and income. Problems of information and time is less effective make the researcher wants to help people who want to get information about housing so there is no need to leave the Office only requires internet access so that everyone who wants to buy a home can get the information detail, because on the web developer developer gathering designed in the field in one of the web so that people who want to have a home can look, choose, which corresponds to a location location, price, specs and a home equipped with galleries. This is because the activities of the Customer Relationship Management (CRM) is still traditional. The absence of an organized marketing well, many industrial developers who do marketing and consumer saving data offline. In this research will be an application of Customer Relationship Management to marketing. Consumer relationship should be done with a web media with a variety of on-site CRM. So consumers will be comfortable in the update information.

Abstrak

Rumah merupakan salah satu yang sudah menjadi kebutuhan primer untuk masyarakat. Tetapi terkadang untuk mendapatkan informasi tentang rumah idaman harus memakan waktu yang banyak karena harus mengunjungi kantor-kantor developer yang terkait yang sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan. Permasalahan informasi yang kurang dan waktu yang kurang efektif membuat peneliti ingin membantu masyarakat yang ingin mendapatkan informasi tentang perumahan sehingga tidak perlu meninggalkan kantor hanya membutuhkan akses internet sehingga setiap orang yang ingin membeli rumah bisa mendapatkan informasi yang detail, karena pada web yang dirancang mengumpulkan developer developer dikota padang dalam satu web sehingga masyarakat yang ingin mempunyai rumah bisa melihat, memilih, yang sesuai dengan lokasi yang strategis, harga, spesifikasi rumah dan dilengkapi dengan galeri. Hal ini disebabkan karena kegiatan Customer Relationship Management (CRM) yang masih traditional. Tidak adanya pemasaran yang terorganisasi secara baik, Banyak Pelaku industri developer yang melakukan pemasaran dan menyimpan data konsumen secara konvensional. Dalam Penelitian ini akan dibangun suatu aplikasi Customer Relationship Manajemen untuk pemasaran. Hubungan dengan konsumen akan dilakukan dengan suatu media web dengan berbagai fasilitas CRM. Sehingga konsumen akan nyaman dalam update informasi.


Keywords


Marketing, Consumer Relation, CRM, Website

Full Text:

PDF

References


Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN) 1,2,3. Sistem Informasi, 4(2), 516–529. Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

Gunawan, I., Sofyan Redha, N., Mahessya, R. A., & Ikhsan. (2017). APLIKASI ARSIP DIGITAL BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA SAWAHLUNTO). J-Click, 4(1). https://doi.org/23232

Ikhsan. (2017). Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Waktu Penangkaran Burung Walet Berbasis Mikrokontroller. Jurnal Resti, 1(2), 137–145.

Martin, E.W., Brown, C.V., DeHayes, D.W., Hoffer, J.A., Perkins, W. . (2013). Customer Relationship Managementâ€, Managing Information Technology (7th ed.). Pearson Prentice Hall.

Nanda, A. P. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PURNA JUAL PT.STAR COSMOS PADA AUTHORIZED SERVICE COSMOS (ASC) PADANG. J-Click, 4(1), 17–23.

O’Brien, J. A. (2002). Customer Relationship Managementâ€, Management Information Systems: Managing Information Technology in the E-Business Enterprise. McGraw-Hill Higher Education (5th ed.).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Raja Ayu Mahessya, Hezy Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JSI Indexed by :

       

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: sainsinformatika@kopertis10.or.id

E ISSN 2502-096X | Print ISSN 2459-9549
 

 

      
Web
Analytics View My Stats