Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa



Efmi Maiyana(1*)

(1) AMIK Bukittinggi
(*) Corresponding Author

Abstract


Android merupakan sebuah sistem operasi yang bersifat Open Source yaitu memberikan kebebasan bagi developer untuk mengembangkan sebuah aplikasi, dengan kelebihan dari sistem operasi android, akan banyak membantu pengguna smartphone berbasis android untuk dapat menikmati beragam aplikasi, salah satu aplikasi itu adalah Aplikasi Kumpulan Doa Berbasis Android ini, tujuan utama dari  Aplikasi ini adalah membantu kaum muslim dalam melafalkan doa-doa yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari secara efektif dan efisien. Adapun jenis data yang digunakan adalah jenis data sekunder dimana data diperoleh dari buku referensi dan literatur yang berhubungan dengan kasus ini. Terdapat beberapa tahapan dalam pembuatan aplikasi ini, yaitu analisa, perancangan, proses pengerjaan, dan evaluasi terhadap model program yang telah dihasilkan. Apliksai kumpulan doa berbasis android ini, dapat digunakan pada smartphone berbasis android dalam versi minimal 4.1 dalam pengujiannya aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar.

Android is an Open Source operating system that gives developers the freedom to develop applications, with the advantages of android operating system, will help many android-based smartphone users to be able to enjoy various applications, one application is the Android-Based Preview Application, the main purpose of this Application is assisting Muslims in reciting the necessary prayers in daily life effectively and efficiently. The type of data used is a secondary data type in which data is obtained from reference books and literature related to this case. There are several stages in making this application, namely analysis, design, work processes, and evaluation of the program model that has been produced. This android-based prayer collection app, can be used on android-based smartphones in the least 4.1 version in this application testing can run smoothly


Keywords


Android; prayer; application

Full Text:

PDF

References


Al-Qahthani, Sa’id bin Ali Wahf (2012) : Ensiklopedi Mini Doa dan Zikir Sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah, As-Salam Publishing, Solo.

Ardiansyah, Firdan (2011) : Pengenalan Dasar Android Programming, Biraynara. Depok.

Cahyanik, Ny Nur (2014) : Bimbingan anak-anak berdoa. Karya Ilmu, Surabaya.

Huda, Arif Akbarul (2011) : 24 JAM!! Pintar Pemrograman Android. Yogyakarta : Andi.

Nugroho, Adi (2010), Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP, Andi Offset, Yogyakarta.

Rosa A.S, dan M.shalahuddin (2011) : Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak.

Sa’ad Jabal, Nizar (2014) : Dzikir-Dzikir Setelah Shalat, Perisai Qur’an, Jakarta.

Safaat, Nazruddin (2011), pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika, Bandung.

Susanto, Stephanus Hermawan. (2011):Mudah Membuat Aplikasi Android, Andi Offset, Yogyakarta.

Zakir, S. (2017). PEMANFAATAN SMS GATEWAY UNTUK SISTEM KEAMANAN DESAIN DAN IMPLEMENTASI NETWORKING SECURITY MEMANFAATKAN SECURITY CONFIGURATION WIZARD (SCW). PROCESSOR, 10(2), 491-498.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Efmi Maiyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JSI Indexed by :

       

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: sainsinformatika@kopertis10.or.id

E ISSN 2502-096X | Print ISSN 2459-9549
 

 

      
Web
Analytics View My Stats