Pemanfaatan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Pelayanan, Sirkulasi Buku Dan Pengolahan Arsip



Yanni Suherman(1*)

(1) AMIK Jayanusa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian yang dilakukan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman bertujuan untuk mengetahui sistem pengolahan data perpustakaan dan data pengarsipan. Semua proses pengolahan data yang dilakukan masih sangat manual dengan menggunakan dokumen secara tertulis dan terdapat pula adanya penumpukan arsip pada dinas tersebut. Dengan memanfaatkan sistem informasi perpustakaan dan arsip yang akan diterapkan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang selama ini belum optimal. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang lebih dikenal dengan istilah metode waterfall. Langkah awal yang dilakukan pada metode ini adalah dengan terjun langsung ke lapangan dengan melakukan proses wawancara dan diskusi. Sistem informasi ini nantinya akan dapat membantu pekerjaan petugas dalam hal pengolahan data perpustakaan dan memudahkan dalam pencarian data arsip dengan menyajikan laporan yang lebih akurat, efektif dan efisien.

Research conducted at the Office of Archives and Library of Padang Pariaman Regency aims to find out the data processing system library and data archiving. All data processing is done is still very manual by using the document in writing and there is also a stacking of archives on the service. By utilizing library information systems and archives that will be applied to the Office of Archives and Library of Padang Pariaman Regency can improve the quality of service that has not been optimal. This research was made by using System Development Life Cycle (SDLC) which is better known as waterfall method. The first step taken on this method is to go directly to the field by conducting interviews and discussions. This information system will be able to assist the work of officers in terms of data processing libraries and facilitate in search data archives by presenting reports more accurate, effective and efficient.


Keywords


System; Information; Library; Archive; Services

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. A. (2006). Perancangan basisdata sistem informasi penggajian. Jurnal Ilmiah MATRIK, 8(2), 135–152.

Arifin, F., & Marlini. (2017). Pemanfaatan taman bacaan masyarakat tanah ombak di purus iii padang sebagai sumber belajar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(2), 21–32.

Arsana, I. M. S., Premierita, N. P., & Kastawa, M. (2017). Evaluasi Layanan Perpustakaan Keliling Pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, 1–9.

Ermatita. (2016). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 966–977.

Hafizh, M., & Melisa, M. (2018). Sistem penyimpanan arsip di kantor camat koto xi tarusan pesisir selatan. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(2), 19–26.

Ikhsan. (2017). Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Waktu Penangkaran Burung Walet Berbasis Mikrokontroller. Jurnal RESTI, 1(1), 43–49.

Lasminiasih, P, S., Akbar, A., Andriansyah, M., & Utomo, R. B. (2016). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KREDIT MIKRO MAHASISWA BERBASIS WEB. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 883–893.

Negara, B. D. P., & Marlini. (2018). PEMBUATAN APLIKASI E-SERVICE LIBRARY UNTUK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMA N 4 KOTA SOLOK. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(2), 1–11.

Nugraha, F. (2014). Analisa dan perancangan sistem informasi perpustakaan. Jurnal SIMETRIS, 5(1), 27–32.

Wahyuni, S., & Rahman. (2014). Desain Sistem Informasi Harga Pangan Realtime Sebagai Instrumen Kebijakan Pengendalian Inflasi Daerah, 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yanni Suherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JSI Indexed by :

       

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: sainsinformatika@kopertis10.or.id

E ISSN 2502-096X | Print ISSN 2459-9549
 

 

      
Web
Analytics View My Stats