DESIGN MULTIMEDIA INTERACTIVE FOR MEDIA LEARNING ON SOFTWARE APPLICATION COURSES



Ilham Tri Maulana(1*), Fadil Firdian(2)

(1) STMIK Indonesia
(2) STMIK Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah media pembelajaran berupa Multimedia Interaktif pada mata kuliah aplikasi software. Multimedia Interaktif ini dirancang sebagai salah satu media pembelajaran bagi dosen di perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle), adapun prosedur metode SDLC yaitu: Definisi Kebutuhan, Analisis Kebutuhan, Pengumpulan Data, Desain Aplikasi, Coding, Pengujian Sistem. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan rancangan Multimedia Interaktif. Perancangan multimedia interaktif diharapkan bisa memfasilitasi kebutuhan mahasiswa dan dosen untuk mempelajari materi tersebut setiap saat tanpa ada batasan waktu dan tempat. Software yang digunakan adalah Macromedia Flash CS .3

 

This research aimed to design a learning media in the form of Interactive Multimedia course on software applications. Interactive Multimedia is designed as a media of learning for lecturer in the Class. This study uses SDLC (System Development Life Cycle), while the procedure SDLC methods are: Definition of Requirements, Needs Analysis, Data Collection, Application Design, Coding, Testing System. Types of data are primary data where the data provided by the lecturer of the course. Data analysis technique used is the technique of descriptive data analysis is to describe the design of Interactive Multimedia. The design of interactive multimedia is expected to facilitate the needs of students and faculty to learn the material at any time without any limitation of time and place. Software used is Macromedia Flash CS 3.

 


Keywords


Interactive Multimedia; Learning Media; Software Application

Full Text:

PDF

References


Newby, Timoty J at all. 2000. Istructional Technology for Teaching and Learning. New Jersey: Prentice-Hall, Inc

Purnama, E.S. 2009. Optimalisasi Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Media CD Interaktif (Multimedia) Bagi Siswa Kelas 7-C SMP Negeri 1 Sruweng Kabupaten Kebumen.(Online), Vol. 2, No. 1, Januari 2009, http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/21099299.pdf.

Rini, Rusmiasih. 2008. “Pengembangan strategi pembelajaran kompetensi membaca cerita wayang dengan CD Interaktif di SMP N 39 Semarangâ€. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNM Malang.

Slameto. 2010. Belajar Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujarwo, Anton. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Berdasarkan Karakteristik Siswa Pada Matapelajaran Biologi XI SMA 2 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Smaldino, Sharon E, dkk. 2012. InstructionalTechnology And Media For Learning Ninth edition. New Jersey Columbus, Ohio: PEARSON Merrill Prentice Hall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilham Tri Maulana, Fadil Firdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JSI Indexed by :

       

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: sainsinformatika@kopertis10.or.id

E ISSN 2502-096X | Print ISSN 2459-9549
 

 

      
Web
Analytics View My Stats