SISTEM APLIKASI BANK DARAH PADA PALANG MERAH INDONESIA PAYAKUMBUH



Yanni Suherman(1*)

(1) AMIK Jayanusa
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

 

Palang Merah Indonesia (PMI) is a national association organization in Indonesia engaged in social humanity. The existence of PMI is needed by the community, especially in the needs of blood stock when the emergency and require blood transfusion. Data processing at PMI Payakumbuh currently in terms of data input of blood donors are still using the manual and have not used the database, so it takes a long time to know the stock of blood. This is a major obstacle that often gets negative responses from the public. With the design of blood bank application system at PMI Payakumbuh, it will be able to help patient kelurga in blood stock search. This application program is very useful to avoid mistakes and the use of long time in making reports, data search and data grouping of blood donors.

 

 

Keywords: Donors, blood, transfusion, PMI

 

Abstrak

Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Keberadaan  PMI sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama dalam kebutuhan stok darah ketika keadaan gawat darurat dan membutuhkan tranfusi darah. Proses pengolahan data pada PMI Payakumbuh saat ini dalam hal penginputan data para pendonor darah masih menggunakan cara manual dan belum menggunakan database, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui stok darah yang ada. Hal ini merupakan kendala utama yang sering mendapatkan respon negatif dari masyarakat. Dengan dirancangnya sistem aplikasi bank darah pada PMI Payakumbuh, maka akan dapat membantu kelurga pasien dalam pencarian stok darah. Program aplikasi ini sangat bermanfaat untuk menghindari kesalahan dan penggunaan waktu yang lama dalam pembuatan laporan, pencarian data dan pengelompokan data para pendonor darah.

 

Kata kunci  :  donor, darah, tranfusi, PMI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yanni Suherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JSI Indexed by :

       

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: sainsinformatika@kopertis10.or.id

E ISSN 2502-096X | Print ISSN 2459-9549
 

 

      
Web
Analytics View My Stats