Penambahan Logam Pengotor (Au) Terhadap Karaktersitik Mercury (Hg)



Silvi Octavia(1*), Maria Ulfah(2)

(1) Universitas Bung Hatta
(2) Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Merkuri (Hg) digunakan sebagai bahan untuk mengikat emas pada pertambangan emas.  Emas yang terikat pada merkuri kemudian dipisahkan dengan jalan penyaringan dan pemanasan.  Kehadiran emas atau bahan pengotor lainnya dalam merkuri dapat menyebabkan perubahan karakteristik merkuri tersebut. Karakteristik merkuri ini identik dengan nilai densitas merkuri.  Dimana, densitas merkuri murni adalah 13,6 gr/cm3. Nilai densitas akan mempengaruhi nilai jual merkuri. Beberapa pasar menghendaki  densitas yang lebih tinggi dari densitas merkuri murni. Untuk itu dilakukan penelitian efektifitas penambahan logam pengotor berupa emas terhadap kenaikkan nilai densitas merkuri dan kelarutan emas dalam merkuri yang tidak dapat dipisahkan hanya dengan pemanasan. Persamaan yang digunakan untuk menghitung jumlah emas yang akan ditambahkan untuk menaikkan densitas merkuri (pada suhu kamar = 270C)  adalah y=0,022x + 13,722. Dimana y adalah densitas merkuri dan x adalah jumlah penambahan emas. Nilai kelarutan emas didalam merkuri adalah 0,03 gr/ml.


Keywords


Densitas; Merkuri; Logam pengotor; Kelarutan

Full Text:

PDF

References


Alfian, Z. 2006. Merkuri: Antara Manfaat dan Efek Penggunaannya Bagi Kesehatan Manusia dan Lingkungan.

Frossard, A., Donhauser, J., Mestrot, A., Gygax, S., Baath, E., dan Frey, B., 2018. Long and Short Term Effects of Mercury pollution on The Soil Microbiome., Soil Biology and Biochemistry, Vol. 120.

Herman, DZ. 2006. Tinjauan Terhadap Tailing Mengandung Unsur Pencemar As, Hg, Pb, dan Cd. J Geol Indones 1:31-36.

Liu, Z., Wang, L., Xu, J., Ding, S., Feng, X., dan Xiao, H., 2017. Effects of Different Concentration of Mercury an Accumulation of Mercury by Five Plant Species. Ecological Engineering, Vol. 100.

Nagpal, N., Bettiol, S.S., Isham, A., Hoang, H., dan Crocombe, L.A., 2017. A Review of Mercury Exposure and Health of Dental Personnel. Safety and Health of Work, Vol. 8.

Rampolski, P., Smolinski, A., Krztan, H., Gazdomich, J., Howaniec, N., and Rog., L., 2016. Review: Determination of Mercury Content in Hard Coal and Fly Ash Using X-Ray Diffraction and Scanning Electron Microscopy Coupled with Chemical Analysis, Arabian Journal of Chemistry, Article In Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Silvi Octavia, Maria Ulfah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E ISSN : 2502-0943

Web
Analytics View My Stats