Validasi Metode Analisa Kadar Logam Fe Pada Rambut Masyarakat di Sekitar Kawasan Industri Semen



Corry Handayani(1*), Miftahul Mushlih(2), Juni Lestari(3)

(1) Sekolah Tinggi Teknologi Nasional
(2) STIKES Perintis Padang
(3) STIKES Perintis Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Logam berat dalam tubuh manusia biasanya terakumulasi pada beberapa organ tubuh seperti ginjal, hati, kuku, jaringan adiposa, dan rambut. Analisis kandungan logam berat pada darah ataupun urin tidak akurat. Logam berat yangberada pada darah atau urine tidak bertahan lama dan dapat segera dikeluarkan melalui siklus metabolism tubuh sedangkan analisis logam berat melalui rambutlebih akurat. Hal ini disebabkan logam berat lebih bertahan lama di rambut. Jumlah logam dalam rambut berkorelasi dengan jumlah logam yang diabsorpsi oleh tubuh. Oleh karena itu, rambut dapat dipakai sebagai biopsi material. Telah dilakukan uji metode destruksi basah untuk penentuan kadar besi (Fe) dalam rambut. Destruksi basah menggunakan campuran HNO3 dan HClO4. Analisis kandungan besi (Fe) hasil destruksi dilakukan dengan Spectrophotometer Serapan Atom (SSA). Untuk menentukan metode destruksi yang lebih valid dilakukan validasi metode yang meliputi uji akurasi, presisi, dan linearitas serta penentuan LoD dan LoQ. Uji presisi dilakukan dengan menghitung persen recovery, yaitu 100.996%. Sementara itu, linearitas kurva standar diperoleh sebesar 0,997% dengan LoD 0.27312 mg/g dan LoQ 0.9104 mg/g Hasil ini dapat digolongkan dalam kategori teliti dapat disimpulkan bahwa metoda destruksi ini dapat dipercaya atau lebih valid untuk analisis Fe dalam Rambut dengan SSA.


Keywords


Validasi; Metoda analisa; Kadar logam Fe

Full Text:

PDF

References


Anderson, 1987.Sampel Pretreament & Separation. New York.

Amad.J.S.,Eaton. 2005. Study on the Removal of Iron and Manganese in Groundwater by Granular Activated Carbon. Elsevier. Volume 182, Issues 1–3, Pages 1-528 (1 November 2005).

Anonym. 1987. Ubinsemen (SNI -03-0028-j987).Departemen Pekerjaan Umum,
Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan: Bandung. Amsyari, Fuad. 1997. Prinsip-prinsip Masalah Pencemaran Lingkungan. Surabaya: Ghalia Indonesia.

Alsagaff,H,1993. Nilai Normal Faal Paru Orang Indonesia Pada Usia Sekolah Dan Pekerja Dewasa Berdasarkan Rekomendasi American Thoracic Society (ATS). Airlangga University Press, Surabaya.

Sukirno&Murniasih, S. 2009. Analisis Unsur Fe, Ca, Ti, Ba, Ce, Zr dan La dalam Sedimen Laut di Semen anjung Muria dengan Metode XRF.Prosiding Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan. Jakarta: LIPI

Sumardi. 2002. Validasi Metode Pengujian. Jakarta: Pusat Standardisasi dan Akreditasi Sekretariat Jendral Depertemen Pertanian

Usman,H&Akbar.P.,2006.Pengantar Statistika. Edisi Kedua .Cetakan pertama.PT.Bumi Aksara. Jakarta. Makalah Pribadi Pengantar kepalsafah Sains (PP702) Program Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung.

Underwood, A.L. dan Day R.A. 2001.Analisa Kimia Kualitatif Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Wegscheider. 1996. Validation of Analytical Methods, in Accreditation and Quality Assurance in Analytical Chemistry. Berlin: Springer Verlag.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Corry Handayani, Miftahul Mushlih, Juni Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E ISSN : 2502-0943

Web
Analytics View My Stats