Indoglish Phenomenon: The Power Of Media And Business Languages In The Digitalization Era
Elen Inderasari(1), Wahyu Oktavia(2*)
(1) IAIN Surakarta
(2) IAIN Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayuningtyas, F., & Abdullah, A. Z. 2017. Kognisi Sosial Melalui Situs Jejaring Youtube pada Komunitas Online (Studi Kasus pada Komunitas Online LinkpictureID). Jurnal Komunikasi. 9(2): 137-150.
Dewi, S. P., Diana A. & Hilman H. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Hendrastuti, R. 2015. Variasi Penggunaan Bahasa Pada Ruang Publik di Kota Surakarta. Jurnal Kandai. 11(1): 29-43.
Jabrohim, S. 2001. Bahasa dan Sastra Indonesia Menuju Peran Transformasi Sosial Budaya Abad XXI. Yogyakarta: Gama Media.
Jaiz, M. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Konstanti, W. P. 2015. Proses Analisis Pesaing pada Media Digital. Diploma III, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Oktavia, W. 2019. Eskalasi Bahasa Indoglish dalam Ruang Publik Media Sosial. Jurnal Diglosia. 2(2): 73-82.
Rahardi, R. K. 2014. Bahasa Indoglish dan Jawanesia dan Dampaknya Bagi Pemartabatan Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra. 26(1): 1-21.
Rakhmawati, A., Kundadharu S., Sri H., & Rio D. 2016. A Phenomenon of Indoglish Usage at Universities in Indonesia: Breaking Down the Motives From Sociolinguistics Perspective. International seminar prasasti 111: Current research in linguistics. 146-152.
Rantanen, T. 2005. The Media and Globalization. London: Sage Publication Ltd.
Saddhono, K. 2012. Pengantar Sosiolinguistik Teori dan Konsep Dasar. Surakarta: Program Buku Teks LPP UNS.
Saddhono, K., Ani R. & Sri H. 2016. Indoglish Phenomenon: The Adaptation Of English Into Indonesian Culture. JurnalPonte. 7(3): 29-35.
Saddhono, K. 2017. Bahasa dan Etika dalam Sosial Media: Kajian Sosiolinguistik di Perguruan Tinggi Indonesia. ProsidingKonferensi Nasional Bahasa dan Sastra IV. 248-254.
Setiawan, B., Wahyu J. S. & Slamet S. 2019. Dukungan Indoglish dalam Iklan Mcdonald’s Berorientasi pada Pembentukan Karakter: Studi Kasus pada Baliho Komersial Jalan Slamet Riyadi Surakarta. Prosiding Seminar Nasional. 199-207.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.
Watie, E. D. S. 2011. Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger. 3(1): 69-75.
Wijana, I. D. P. 2018. Pemertahanan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Jurnal Widyaparwa. 46 (1): 49-57.
Zakiyah. 2017. Citra Diri Mahasiswa IAIN Surakarta Sebagai Pengguna Media Sosial Instagram. Skripsi. Fakutas Usuludin dan Dakwah, IAIN Surakarta.
Zulmi, F. 2019. Keberpihakan Media terhadap Isu Pelestarian Lingkungan Hidup. Jurnal Kata. 1(2):101-108.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Elen Inderasari, Wahyu Oktavia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kata has been migrated to the new website. To make a new submission in Jurnal Kata, you can easily go to new webstie link HERE and register.
Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah X, Padang, Sumatera Barat, Indonesia
E ISSN :Â 2502-0706
View Stats Jurnal kata : Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra