Analisis Pelaksanaan E-Puskesmas di Puskesmas Ikur Koto Padang



Azyyati Ridha Alfian(1*), Mega Utami Basra(2)

(1) Andalas University, Public Health Faculty
(2) Andalas University, Public Health Faculty
(*) Corresponding Author

Abstract


The implementation of electronic-based health service system has become the country's main program, that prioritizes to reduce the workload and to improve the efficiency and quality of services by utilizing information technology, which is Electronic-Puskesmas (E-Puskesmas) being one of them. The problem of not running the system performance properly has impact on disruption to the program and management. Based on the initial survey, the implementation of E-Puskesmas at Ikur Koto Public Health Center has not run optimally. The purpose of this research is to overview the implementation of E-Puskesmas at Ikur Koto Public Health Center, Padang City. The study was conducted from February-July 2018. It was a qualitative research with case study approach. Data collection method was in-depth interviews with 10 informants. The results showed that the implementation of E-Puskesmas was not yet optimal, which was influenced by the number of human resources that still lacking and unskilled, infrastructure that did not meet the requirements, and monitoring and evaluation system that did not followed up well. It shows that there were still many obstacles in optimizing the performance of E-Puskesmas. The public health center should add more human resources, infrastructure facilities, and be more assertive in following up on problems independently


Penerapan sistem layanan kesehatan berbasis elektronik telah menjadi program utama negara, bahwa setiap lembaga kesehatan di dunia memprioritaskan untuk mengurangi beban kerja staf dan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Permasalahan tidak berjalannya kinerja sistem dengan baik berdampak pada terganggunya kelancaran program dan manajemen di instansi terkait. Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat gambaran pelaksanaan E(elektronik)-Puskesmas. Penelitian dilakukan di Puskesmas Ikur Koto Kota Padang dari bulan Februari-Juli 2018. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam terhadap 10 orang informan. Hasil penelitian menunjukan belum optimalnya pelaksanaan E-Puskesmas yang dipengaruhi oleh Jumlah Sumber Daya Manusia yang masih kurang dan tidak terampil, sarana prasarana yang belum memenuhi, dan pelaksanaan sistem monitoring dan evaluasi yang belum menghasilkan tindak lanjut jangka panjang terhadap permasalahan sistem. Sebaiknya Puskesmas dapat melakukan penambahan Sumber Daya Manusia dan sarana prasarana yang memenuhi serta lebih tegas dalam menindaklanjuti permasalahan secara mandiri.


Keywords


Public Health Center Electronic System; Public Health Center Management; SIMPUS

Full Text:

PDF

References


Bustami (2011) ‘Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya’. Padang: PT Gelora Aksara Pratama.

Damayanti, D. ., Rusmin, M. and Arranury, Z. (2015) ‘Gambaran penerapan sistem informasi manajemen kesehatan berbasis WEB di Puskesmas kota Makassar tahun 2015’, Al-Sihah : Public Health Science Journal, 7(2), p. 6.

Dona, F., Susmiati, S. and Murni, D. (2019) ‘Efisiensi Perangkat Pendukung dalam Pelaksanaan Sistem Informasi e-Puskesmas Kota Sungai Penuh’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), p. 579. doi: 10.33087/jiubj.v19i3.724.

Jaelani, A. K. (2016) ‘Pengembangan Model Sistem Informasi Manajemen Skrining Resep Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wilayah Kota Yogyakarta’, Jurnal Endurance, 1(1), pp. 28–36. doi: 10.22216/jen.v1i1.820.

Kartini (2017) ‘Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan tentang Puskesmas dan Dukungan Sarana Prasarana Terhadap Manajemen Pelayanan Kesehatan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja’, Jurnal Publik Program Studi Magister Administrasi Publik Universitas Garut.

Kementerian Kesehatan RI (2009) ‘Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan’. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI (2014) ‘Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2014’. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kuswandi (2013) ‘Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Rekam Medis dengan Metode WISN dibagian TPPRJ Puskesmas Kauma Ponogoro’, Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia.

Leonard, D., Mardiawati, D. and Sari, D. (2018) ‘Analisis Pemanfaatan E-Puskesmas dengan Metode Perfomance, Information, Ekonomi, Control, dan Efisiensi, Service (PIECES) Di Puskesmas Kota Padang’, Ensiklopedia of jurnal, 1(1), pp. 17–26.

Satriadi, S. and Haryani, D. S. (2019) ‘Penerapan E-Puskesmas Pada Puskesmas Tanjungpinang’, Jurnal Penelitan Ekonomi dan Bisnis, 4(2), pp. 153–165. doi: 10.33633/jpeb.v4i2.2566.

Sudarmanto (2014) Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wulandari, F. (2016) Efektifitas Penerapan Layanan E-puskesmas di Kota Makassar. Makassar.




Copyright (c) 2020 Azyyati Ridha Alfian, Mega Utami Basra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â