FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRILAKU BULLYING PADA REMAJA DI KABUPATEN SOLOK



agustika antoni(1*), Dalina Gusti(2)

(1) Akademi Keperawatan Baiturrahmah
(2) Akademi Keperawatan Baiturrahmah
(*) Corresponding Author

Abstract


 

In Asia, the incidence of bullying among students in the schools reaches 70%. In Indonesia, it was found that 10-60 % of students reported getting ridicule, exclusion, kicking or pushing at least once a week. This study purpose is to determine the factors associated with bullying behavior in adolescents in Solok Regency. This research is analytic with cross sectional study design. The study was conducted by adolescents in Solok Regency especially in the  Jawi-jawi. The population in this study were adolescents. The sample consisted of 30 people aged between 13 years and 15 years. The bivariate results can be concluded that there is no significant relationship between factors of self-esteem, family, school climate, peers, media and bullying behavior in Solok Regency. Multivariate results can be concluded that the most influential factor causing bullying behavior is the school climate. It is expected that educational institutions will be able to build character and be able to apply anti-bullying policies to their students. Schools further tighten existing regulations in schools and improve student discipline through the rules that have been applied in these schools

 

Di tingkat Asia, kejadian bullying pada siswa di sekolah mencapai angka 70%. Di Indonesia didapatkan bahwa 10-60% siswa melaporkan mendapat ejekan, cemoohan, pengucilan, pemukulan tendangan ataupun dorongan sedikitnya sekali dalam seminggu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan prilaku bullying pada remaja di Kabupaten Solok. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain penelitian Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan remaja di Kabupaten Solok. Di kampong Jawi-jawi. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja di kapung Jawi-jawi. Sampel berjumlah 30 orang yang berumur antara 13 tahun sampai 15 tahun. Hasil bivariate dapat disimpulkan tidak ada hubungan signifikan antara faktor  harga  diri, keluarga, iklim sekolah, teman sebaya, media dengan prilaku bullying di Kabupaten Solok. Hasil multivariate dapat disimpulkan faktor yang paling berpengaruh penyebab prilaku bullying ialah iklim sekolah. Diharapkan bagi institusi pendidikan agar dapat membangun karakter dan bisa menerapkan kebijakan anti bullying kepada siswanya. Sekolah lebih memperketat lagi peraturan yang ada di sekolah serta meningkatkan kedisiplinan siswa melalui tata tertib yang telah berlaku di sekolah tersebut.

 

 

 


Keywords


Bullying, bullying factors, adolescents.

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2011). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Universitas Muria Kudus [JOUR]. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(2), 65–71.

Aluede, O., Adeleke, F., Omoike, D., & Afen-Akpaida, J. (2008). A review of the extent, nature, characteristics and effects of bullying behaviour in schools [JOUR]. Journal of Instructional Psychology, 35(2), 151.

Amri, lola felnanda, & Zulharmaswita, Z. (2018). FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BULLYING PADA ANAK KELAS IV, V, DAN VI SD, DI SD X KOTA PADANG. JIK- JURNAL ILMU KESEHATAN, 2(1), 6–11. https://doi.org/10.33757/jik.v2i1.67

Andayani, B., & Afiatin, T. (1996). Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan Diri Remaja [JOUR]. Jurnal Psikologi, 23(1996).

Ariesto, A. (2009). Pelaksanaan Program Antibullying TeacherEmpowerment [GEN]. Skripsi.

Ashraf, F., & Khan, M. A. (2014). Does emotional intelligence moderate the relationship between workplace bullying and job performance? [JOUR]. Asian Business & Management, 13(2), 171–190.

Astuti, J. (2009). Pengaruh Karakteristik Siswa Dan Sumber Informasi Terhadap Kecenderungan Melakukan Hubungan Seksual Pranikah Pada Siswa Sma Negeri Di Banda Aceh Tahun 2008 [DISS].

Blazer, C. (2005). Literature review on bullying [JOUR]. Retrieved July, 20, 2011.

Dwipayanti, I. A. S., & Indrawati, K. R. (2014). Hubungan antara tindakan bullying dengan prestasi belajar anak korban bullying pada tingkat sekolah dasar [JOUR]. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 251–260.

Fithria, F. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU BULLYING. Idea Nursing Journal, 7(3), 9–17.

Fitri, M. Z. (2018). Penerapan Layanan Konseling Individual Teknik Shaping Dalam Mengurangi Bullying Pada Siswa Kelas Xi Smk Swasta Yayasan Wanita Kereta Api Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 [JOUR].

Friedman, M. M., Bowden, V. R., & Jones, E. G. (2010). Buku Ajar Keperawatan keluarga: Riset, Teori, dan Praktek [JOUR]. Jakarta: EGC, 5–6.

Isman, H. M. (2019). FENOMENA BULLYING ANTAR SISWA [JOUR]. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 25–29.

Istawati, R. (2017). Hubungan Keterpaparan Media Massa, Peran Teman Sebaya Terhadap Tindakan Seksual Di Sma an-Naas. Jurnal Endurance, 2(2), 124. https://doi.org/10.22216/jen.v2i2.1695

Kaltiala-Heino, R., & Fröjd, S. (2011). Correlation between bullying and clinical depression in adolescent patients [JOUR]. Adolescent Health, Medicine and Therapeutics, 2, 37.

Kuswana, W. S. (2014). Biopsikologi pembelajaran perilaku [JOUR]. Bandung: Alfabeta, 348.

Lestari, N. D., Ningrum, E. Q., & Anggraini, K. (2018). ANALISIS DETERMINAN KEJADIAN BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI YOGYAKARTA [JOUR].

Malini, H., Abdullah, K. L., McFarlane, J., Evans, J., & Sari, Y. P. (2018). Strengthening Research Capacity and Disseminating New Findings in Nursing and Public Health: Proceedings of the 1st Andalas International Nursing Conference (AINiC 2017), September 25-27, 2017, Padang, Indonesia [BOOK]. CRC Press.

Melati, M., & Levianti, L. (2013). Penerimaan Diri Ibu Yang Memiliki Anak Tunanetra [JOUR]. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(1).

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan [GEN]. Jakarta: rineka cipta.

Pearce, J. B., & Thompson, A. E. (1998). Practical approaches to reduce the impact of bullying [JOUR]. Archives of Disease in Childhood, 79(6), 528–531.

Putri, M. (2018). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN JENIS PERILAKU BULLYING DI MTsN LAWANG MANDAHILING KECAMATAN SALIMPAUNG TAHUN 2017 [JOUR]. Menara Ilmu, 12(8).

Qodar, N. (2015). Survei ICRW: 84% anak Indonesia alami kekerasan di sekolah [JOUR]. Liputan6. Com.

Ramadhani, A., & Retnowati, S. (2013). Depresi pada remaja korban bullying [JOUR]. Jurnal Psikologi, 9(2), 73–79.

Santrock, J. W. (2002). Life span development: Perkembangan masa hidup [JOUR]. Jakarta: Erlangga, 31.

Sarmiento, K., Mitchko, J., Klein, C., & Wong, S. (2010). Evaluation of the Centers for Disease Control and Prevention’s concussion initiative for high school coaches:“Heads Up: Concussion in High School Sports†[JOUR]. Journal of School Health, 80(3), 112–118.

SEJIWA, Y. S. J. A. (2008). Bullying [JOUR]. Mengatasi Kekerasan Di.

Sufriani, E. P. S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia sekolah Di Banda Aceh. Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, VIII(3). Retrieved from www.jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/viewFile/9678/7951

Tumon, M. B. A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1–17.

Usman, I. (2013). Kepribadian, komunikasi, kelompok teman sebaya, iklim sekolah dan perilaku bullying [JOUR]. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 49–60.

Vanechia, S. J. (2017). HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMKN 8 PADANG TAHUN 2017 [DISS]. Universitas Andalas.

Wang, H., Zhou, X., Lu, C., Wu, J., Deng, X., Hong, L., … He, Y. (2012). Adolescent bullying involvement and psychosocial aspects of family and school life: A cross-sectional study from Guangdong Province in China [JOUR]. PLoS One, 7(7), e38619.

Wilda, F. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMKN 1 Padang Tahun 2016 [DISS]. Universitas Andalas.

Yunika, R., & Alizamar, A. (2013). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri Se Kota Padang [JOUR]. Konselor, 2(3).




Copyright (c) 2020 Agustika Antoni, Dalina Gusti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â