Terapi Bermain Puzzle Berpengaruh Terhadap Kemampuan Memori Jangka Pendek Anak Tunagrahita



Sutinah Sutinah(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak tunagrahita memiliki keterbatasan intelegensi dan ketidakcakapan dalam interaksi sosial sehingga mereka memiliki keterbatasan dalam kemampuan kognitif, verbal, motorik dan sosialisasi. Fleksibilitas yang kurang dan perkembangan sel kortikal yang lambat menyebabkan anak tunagrahita memiliki masalah dalam memori khususnya memori jangka pendek. Puzzle merupakan alat permainan edukatif yang memiliki manfaat meningkatkan daya ingat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kemampuan memori jangka pendek anak tunagrahita ringan. Desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasy experimen dengan pengambilan sampel simple random sampling sebesar 22 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi tes digit span. Penelitian ini menggunakan uji statistik T-berpasangan dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian uji statistik menunjukkan nilai p-value= 0,000 yang artinya terdapat pengaruh terapi bermain  puzzle terhadap kemampuan memori jangka pendek anak tunagrahita ringan.


The children with  mentally retarded  have an  limited intelligence and incompetence in social interactions.  They are have a limitations in cognitive, verbal, motoric and socialization abilities. The Poor flexibility and slow cortical cell development causes mentally retarded children to have problems in memory, especially short-term memory. Puzzle is an educational game tool that has a benefit of improving the memory. The purpose of this study was to determine the effect of puzzle play therapy on short-term memory abilities of mild mentally retarded children. The quantitative research design was use the quasy method experiment with simple random sampling in 22 respondents. The research instrument used the observation sheet of the digit span test. This study used the T-paired statistical test with a significance of 0.05. The results of the statistical test show the value of p-value=0,000, which means that there is an effect of playing puzzle therapy on short-term memory abilities of mild mentally retarded children.


Keywords


Memory; Puzzle Therapy; Mentally impaired

Full Text:

PDF

References


Alan Tresno Setiawan. (2012). Efektifitas Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Bagi Cerebral Palsy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 27–36.

Aprilia Dwi Puspitasari. (2015). Pengaruh Aromaterapi Rosemary (Rosmarinus Officinalis) Terhadap Peningkatan Memori Jangka Pendek Siswa Kelas V (10-11 Tahun) di SDN Growok I Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Majalah Kesehatan FKUB, 2(3), 144–151.

Baihaqi, M. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Behrman, K. & A. (2000). Ilmu Kesehatan Anak Nelson. Jakarta: EGC.

Delphie, B. (2012). Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: Refika Aditama.

Dinas Sosial. Laporan Tahunan Kota Jambi. , (2018).

Elisabeth Demuth. (2005). Meningkatkan Potensi Belajar Melalui Gerakan dan Sentuhan. Jurnal Teologi Kontekstual, (8), 103–112.

Elmi Oktavia. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Dasar Melalui Permainan Teropong Warna Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas DI/C Di Yayasan Hikmah Miftahul Jannah Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3), 63–70.

Elwa Utari. (2014). Modification Of Bamboo Games Skip To Increase Jumping Ability For Children Intelligences Disorder With Medium Level. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 3(2), 61–70.

Gunarsa, S. . (2008). Psikologi Perawatan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Harburger,L.,Nzerem,C.,Frick, K. (2007). Single Enrichment Variables Differentially Reduce Age-Related Memory Decline in Female Mice:Behavioural Neuroscience. USA: Publisher Inc.

Irwanto. (2006). Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak. Surabaya: Kapita Selekta IKA.

Julianto, V., & Etsem, M. B. (2011). The Effect of Reciting Holy Qur ’ an toward Short-term Memory Ability Analysed trought the Changing Brain Wave. Jurnal Psikologi, 38(1), 17–29.

Komang Srianis. (2014). Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. Journal PG-Paud Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Lilis Maghfuroh. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55–60.

Maramis, W. . (2011). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa (9th ed.). Surabaya: Airlangga University Press.

Nida Ria. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Permainan Arsitek Menara Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 3(3), 261–269.

Putri Setia Ningsih. (2013). Efektifitas Terapi Permainan Jemuran Bernomor Untuk Meningkatkan Kemampuan Melakukan Pengurangan Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di Kelas II SLB Baso Kabupaten Agam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 705–715.

Riyanti, D. (2005). pSIKOLOGI uMUM i. Jakarta: Gunadarma.

Sartika, A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Bilangan Melalui Permainan Lompat Gambar Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 81–95.

Soemantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Soetjiningsih. (2016). Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.). Jakarta: EGC.

Sri Febriani. (2013). Efektifitas Bermain Hialng Dalam Pasir Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 66–80.

Sujiono. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Titik Sumiatin. (2014). Stimulasi Pengajaran Dengan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Anak Retardasi Mental. Jurnal Keperawatan, 5(1), 92–107.

Wong. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (6th ed.). Jakarta: EGC.




Copyright (c) 2019 Sutinah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â