Permainan Ular Tangga Sebagai Media Edukasi Seksualitas Remaja



Edi Edi(1*), M Taufik(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Pontianak
(2) Universitas Muhammadiyah Pontianak
(*) Corresponding Author

Abstract


The age of adolescence is a period of transition from children to adulthood, where at this time there is a process of development and change both physically, emotionally and intellectually which is experienced as preparation for entering adulthood.  The lack of understanding of sexuality information directed will cause adolescents to take high risk actions for their own health.  One method that can be applied is sexuality education using the snake ladder game. One method that can be applied is sexuality education using the snake ladder game. The purpose of this study was to determine the effectiveness through the game of snakes and ladders as an educational media for adolescent sexuality in Hidayatul Muslimin 1 Kubu Raya Madrasah Ulya. This research is a quantitative research with pre-experimental design with one group pre and post test design approach. The number of samples are 120 respondents.  The sampling technique is purposive sampling.  Data were obtained using a questionnaire and analyzed by paired t test.  The results of the study showed that it was increasing in knowledge and attitudes towards the results of statistical analysis of knowledge which obtained a value of p = 0,000 <0,05.  As for the results of the attitude statistical analysis the value of p = 0,000 <0,05 was obtained. There is a significant relationship between the knowledge and attitudes of students with snake ladder sexuality media in Hidayatul Muslimin 1 Kubu Raya Madrasah Ulya.  Thus the snake ladder game can be used as an effective health education tool in changing knowledge and attitudes


Usia remaja adalah masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa, dimana pada masa ini terjadi proses perkembangan dan perubahan baik fisik, emosional maupun intelektual yang dialami sebagai persiapan memasuki masa dewasa. Kurangnya pemahaman informasi seksualitas yang terarah maka akan menyebabkan remaja untuk melakukan tindakan berisiko bagi kesehatan mereka sendiri semakin meningkat. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah edukasi seksualitas menggunakan permainan ular tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas melalui permainan ular tangga sebagai media edukasi seksusalitas remaja di Madrasah Ulya Hidayatul Muslimin 1 Kubu Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pra eksperimen dengan pendekatan one group pre dan post test design. Jumlah sampel yaitu 120 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan dan sikap terhadap hasil analisis statistik terhadap pegetahuan yang diperoleh nilai p = 0,000 <0,05. Sedangkan untuk hasil analisis statistik sikap diperoleh nilai p = 0,000 <0,05. Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap siswa dengan media ular tangga seksualitas di Madrasah Ulya Hidayatul Muslimin 1 Kubu Raya. Dengan demikian permaian ular tangga dapat digunakan sebagai sarana edukasi kesehatan efektif dalam perubahan pengetahuan dan sikap


Keywords


snake ladder game; sexuality education; adolescenes

Full Text:

PDF

References


Brown, Jane D, Bobkowski, 2011)Brown, Jane D, Bobkowski, P. S. (2011). lder and Newer Media: Patterns of Use and Effects on Adolescents’ Health and Well-Being. Journal of Research on Adolescence, 21(1), 95–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1111/j.1532-7795.2010.00717.x

Dinkes Kubu Raya. (2018). Proporsi Kasus HIV Positif dan AIDS.

Dinkes Provinsi Kalimantan Barat. (2018). HIV dan AIDS.

Dahlan, S. (2011). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan masyarakat. Jakarta: Salemba Medika.

Ekpenyong, A. S. (2016). Social Media and Sexual Reproductive Health Behaviour among Adolescents in Bayelsa State, Nigeria. American International Journal of Research in Humanities, Arts and Social Sciences, 14(2), 94–98.

Hanan Mohamed Mohamed Tork, K. F. A. hosis. (2015). Effects of Reproductive Health Education on Knowledge and Attitudes Among Female Adolescents in Saudi Arabia. The Journal of Nursing Research, 23(3), 236–242. https://doi.org/10.1097/jnr.0000000000000105

Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 61 tahun 2014 tentang kesehatan reproduksi.

Infodatin. (2015). Pusat Data Informasi Kementrian Kesehatan RI, Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Laporan Nasional.

Maarif, S. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi dengan media permaianan ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMP di Selo Boyolali. Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–17.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka.

Putu, S dan Nyoman, S. (2012). Media Pendidikan Kesehatan (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rizki N. A. (2012). Metode Focus Group Discussion Dan Simulation Game Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 23–29.

Sara, P., Nurfianti, A. & A. (2015). Efektifitas metode pendidikan kesehatan dengan simulasi permainan ular tangga terhadap perubahan sikap tentang kesehatan gigi dan mulut anak usia sekolah di Sdn 03 Singkawang Tengah. Jurnal Proners, 3(1), 1–11.

Siti Masfiah, Zahroh Shaluhiyah, A. S. (2018). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (PKRR) Dalam Kurikulum SMA Dan Pengetahuan & Sikap Kesehatan Reproduksi Siswa. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 8(1), 69–78.

Yusuf, Y & Auliya, U. (2009). Sirkuit pintar melejitkan kemampuan matematika dan bahasa inggris dengan metode ular tangga (Pertama). Jakarta: Visimedia.

Zaen, N. L., A. & Tukiman. (2017). Pengaruh simulasi permainan ular tangga genre terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang triad KRR (Seksualitas, HIV Dan Aids, Napza) di Smpn 1 Tanjung Morawa Tahun 2016. Jurnal Stikna, 1(2), 148–157.

Zamzami, M Astuti, D & Werdani, K. E. (2017). Metode Ular Tangga Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Tentang Pencegahan Penyakit Pes. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 11(1), 55–63.




Copyright (c) 2019 Edi Edi, M Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â