Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Poli Fisioterapi RSU Siti Hajar



Sulaiman Sulaiman(1*), Anggriani Anggriani(2)

(1) STIKES Siti Hajar
(2) STIKES Siti Hajar
(*) Corresponding Author

Abstract


Good hospital services so far still seem difficult to obtain by the community when they want to seek treatment for services. Good service is a very important thing to improve patient satisfaction especially in poly physiotherapy at Siti Hajar Hospital Medan. This type of research was descriptive with a "cross sectional" design, the population in this research were 150 respondents who came to poly physiotherapy. Samples that meet the criteria in this research are 30 selected respondents. Sampling by means of "systematic sampling techniques. The purpose of this research was to analyze the relationship of factors of reliability, assurance, responsiveness, empathy, and physical evidence to the satisfaction of physiotherapy patient. The results of this research show that the majority of respondents stated that the quality of service in the poly physiotherapy at the Siti Hajar  Hospital in Medan was quite good at 14 people (46.7%). These results indicate there is a relationship between the quality of physiotherapy services and satisfaction, this is evident from the results of chi-square analysis where p-value = 0.004, smaller than 0.005. The conclusion in this resarch is that the hospital gives priority to the development of the quality of physiotherapy services, especially on poly physiotherapy.


Pelayanan rumah sakit yang maksimal selama ini masih terkesan sulit didapatkan masyarakat ketika hendak berobat untuk mendapatkan  pelayanan. Pelayanan yang baik merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pasien khususnya di poli fisioterapi RSU Siti Hajar Medan. Jenis penelitian ini deskriptif dengan rancangan “cross sectionalâ€, populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 orang responden yang datang ke poli fisioterapi. Sampel yang memnuhi kriteria dalam penelitian ini adalah pasien yang terpilih sebanyak 30 orang responden. Pengambilan sampel dengan cara “teknik sampling sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan faktor kehandalan, jaminan, daya tanggap, empati, dan bukti fisik terhadap kepuasan pasien fisioterapi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa mayoritas responden menyatakan mutu pelayanan di poli fisioterapis RSU Siti Hajar Medan adalah cukup baik yakni sebanyak 14 orang (46.7%). Hasil ini juga menunjukan ada hubungan mutu pelayanan fisioterapi dengan kepuasan, hal ini terbukti dari  hasil analisis chi-square dimana p-value = 0.004, lebih kecil dari 0.005. Kesimpulan dalam Penelitian ini bahwa pihak rumah sakit memberikan prioritas  pengembangan mutu pelayanan Fisioterapi terutama pada poli fisioterapi.


Keywords


Physiotherapy Services; Physiotherapist Patient Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Agritubella, S. M. (2018). Kenyamanan dan Kepuassan Pasien dalam Proses Interaksi Pelayanan Keperawatan di RSUD Petala Bumi. Jurnal Endurance, 3(1), 42. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2040

Andriani, A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45. https://doi.org/10.22216/jen.v2i1.461

Depkes RI. (2009). Undang Undang No. 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan. Depkes RI, 1–31. Retrieved from http://www.balitbangham.go.id/po-content/peraturan/uu. no 23 tahun 1992 tentang kesehatan.pdf

Eka Nurcahyanti, & Happy Setiawan. (2017). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada Kots Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 3(1), 15–30. Retrieved from http://jurnal.stikes-yrsds.ac.id/index.php/JMK/article/view/86/84

Fandy Tjiptono, & Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality & Satisfaction. (1st Published IV, Ed.). Andipubliser. Retrieved from http://andipublisher.com/produk-0216006017-service-quality-dan-satisfaction-edisi-4.html

Febriani, V. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr . Cipto Mangunkusumo). Eprints.Undip.Ac.Id, 1, 1–68. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/35702/1/Skripsi_FEBRIANI.pdf

Ghufroni, A., Adriani, R. B., & Tamtomo, D. (2017). Effects of Patient and Physioterapist Characteristics on Perceived Quality of Physiotherapy Care at Dr . Moewardi Hospital , Surakarta, 0281, 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.26911/thejhpm.2017.02.01.06

Hakim, A., Yassir, M., & Nur, M. (2014). Pengaruh Hubungan Interpersonal Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Ruangan UGD RSUD Salewangang Maros. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosisi, 4(5), 541–547. Retrieved from http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/download/676/552/

Hardani, H. H. (2016). Sters Kerja Dan Kepuasan Kerja Dengan Kualitas Hidup Perawat ICU Di RS Tipe B. Journal Endurance, 1(3), 113–120. https://doi.org/10.22216/jen.v1i3.863

Herlambang. (2016). manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Kotler, P. (2000). Marketing Management: The Millennium Edition.

Mantra, A. A. G. suarjana. (2014). 16/41959.pdf Koleksi Perpustakaan Universitas terbuka. Perpustakaan Universitas Terbuka, 1–178. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/1461/1/41959.pdf

Muhammad, A., Umboh, J. M. L., Tucunan, A. A. T., Universitas, P., Ratulangi, S., Kesehatan, F., … Ratulangi, S. (2015). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Siko ternate. Jurnal Tumou Tou, 1(2), 1–9.

Parasuraman, A., Zeithaml, V., Berry, L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Jorunal of Retailing, 64(January), 12–40. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00084-3

Rambat, L., & A. Hamdani. (206AD). Manajemen Pemasaran (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat. https://doi.org/10.1111/j.1365-2656.2006.01119.x

Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Berbasis Kompetensi) (e3) (3rd ed.). Salemba Empat. Retrieved from http://www.bukukita.com/Ekonomi-dan-Manajemen/Pemasaran/112380-Manajemen-Pemasaran-Jasa-(Berbasis-Kompetensi)-(e3).html

Soekidjo Notoatmodjo. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi.pdf (2nd ed.). Jakarta: Rineka Cipta. Retrieved from http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/5849.pdf

Sulaiman, & Anggriani. (2018a). Efek Postur Tubuh Terhadap Keseimbangan Lanjut Usia Di Desa Suka Raya Kecamatan Pancur Batu. Jurnal JUMANTIK, 3(2), 127–140. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/kesmas/article/view/2875/1714

Sulaiman, & Anggriani. (2018b). Pkm Pemanfatan Posyandu Lansia Di Desa Sukaraya Kecamatan Pancurbatu Tahun 2017. Amaliyah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume, II(1), 48–51.




Copyright (c) 2019 Sulaiman, Anggriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â