The Relationship Between Knowledge and Parent Care Patterns With Mental Retardation Children Ability in Self-Care



Dewi Mardiawati(1*)

(1) STIKes Dharma Landbouw Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Mental retardation is a condition marked by low intelligence (IQ <70). The data obtained from the education office of padang there are 75% of children with mental retardation. The purpose is knowing the relationship of knowledge and parenting parents with the ability of children mental retardation in self care in Extraordinary School Negeri 2 Padang. The research is analytic descriptive with the cross-sectional approach with data collecting conducted by interview using a questionnaire. The population in research are the parents of mentally retarded children who attend school at Extraordinary School 2 Padang with a sample size of 65 people. The data analysis used is univariate and bivariate analysis, processed by computerization. The results showed that the inability of self-care mental retardation children as much (41.5%), low knowledge parents as much (41.5%) and parents parenting not good (49.2%). The statistical test concluded that there is a significant correlation between knowledge (p=0,007), parenting (p = 0,034) with the ability of child mental retardation in self care at Extraordinary School 2 Padang. It is expected that parents of children with mental retardation to improve their child's self-care abilities by collaborating with parents and teachers in teaching children in self-care both at school and home by applying a simple.

 

Retardasi mental merupakan kondisi ditandai oleh intelegensi yang rendah (IQ < 70). Data diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Padang terdapat 75% anak dengan retardasi mental. Tujuan penelitian ini  hubungan pengetahuan dan pola asuh orang tua dengan kemampuan anak retardasi mental dalam perawatan diri di SLB Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini deskritif analitik dengan pendekatan cross setional, penelitian dilakukan di SLB Negeri 2 Padang dari bulan Maret s/d Juli 2017.Populasi penelitian adalah orang tua anak retardasi mental yang bersekolah di SLB Negeri 2 Padang dengan jumlah sampel 65 orang, pengambilan sampel dengan cara total sampling. Analisa data yang digunakan yaitu analisa univariat dan bivariat, diolah dengan komputerisasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa ketidakmampuan perawatan diri anak retardasi mental sebanyak (41,5%), orang tua berpengetahuan rendah sebanyak (41,5%) dan orang tua pola asuh tidak baik sebanyak (49,2%). Uji statistik disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p=0,007), pola asuh (p=0,034) dengan kemampuan anak retardasi mental dalam perawatan diri di SLB N 02 Padang. Diharapkan kepada orang tua anak retardasi mental untuk meningkatkan kemampuan perawatan diri anak dengan kerjasama orang tua dan guru dalam mengajarkan anak dalam perawatan diri baik disekolah maupun dirumah dengan menerapkan cara berkomunikasi yang sederhana, ringkas, dan mudah.


Keywords


Ability of children mental; retardation in self care; knowledge; parenting pattern of parent

Full Text:

PDF

References


Ariani 2014. Karakteristik Pola Asuh Dan Psikopatologi Orang Tua Penyandang Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa C Harapan Ibu. Damianus Jounal Of Medicine : Fakultas Kedokteran Unika Atma Jakarta.

Depkes 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perawatan Diri Pada Anak Retardasasi Mental. 12 April 2017.

Dinas Pendidikan Kota Padang 2017. Data Slb Kota Padang.

Djamarah, S. B. 2014. Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga.

Gunarsa 2004. Peangasuhan Orang Tua Terhadap Anak Grahita.

Hidayat, A. 2009. Metodologi Penelitian Keperawatan Dan Teknis Analisis Data.

Istiari. 2011. Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Tuna Grahita [Online].

Kittay, D. 2011. Cerebral Growth Infragile X Sindrom Microscopy Research And Technique.

Lindsay, D. 2016. Hiegieni Personal.

Munafiah, D. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Kemandirian Toilet Training Pada Anak Retardasi Mental [Online].

Notoadmojo, S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan.

Nuraini. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Diri Nak Retardasi Mental Di Slbn 2 [Online].

Panjaitan, F. 2011. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Perawatan Diri Anak Retardasi [Online].

Somantri 2012. Psikologi Anak Luar Biasa.

Suhartono 2004. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Pra Sekolah Di Tk Pertiwi Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman.

Tork, H., Lohman C 2007. Care Dependency Among Schollaged Children. Lietrature Review Nursing And Health Sciences.

Unichef. 2008. Monitoring Disabiliti And Desloping Coldntries [Online].

Who. 2009. Current And Future Long Term Care Needs [Online].

Who. 2010. Peditric Home Care For Nurse [Online].

Zubaidah, U. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Pada Anak Retardasi Mental Di Slbn 2 [Online].




Copyright (c) 2019 Dewi Mardiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â