Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Keputusan Waktu Penyapihan



Desmariyenti Desmariyenti(1*), Nelfi Sarlis(2), Rima Fitriani(3)

(1) Akademi Kebidanan Sempena Negeri Pekanbaru
(2) Akademi Kebidanan Sempena Negeri Pekanbaru
(3) Akademi Kebidanan Sempena Negeri Pekanbaru
(*) Corresponding Author

Abstract


Good weaning time is done at the age of the child reaches 2 years. Weaning at less than 2 years of age can cause problems in children such as incidence of infectious diseases, especially increased diarrhea, nutritional effects that lead to malnutrition in children and cause the relationship of children and mothers is reduced closeness because bounding attachment process is disrupted. This study aims to determine the relationship between knowledge  and  attitude  of  the  mother  with  the  decision  of  weaning  time  in Tangkerang Timur Work Area Puskesmas Tenayan Raya. This research was conducted in Mei-Juni 2017 and this research using research type is quantitative data with research design  using  cross  sectional.  Sampling  technique  using  Stratified  random  sampling, population in this study amounted to 368 people and samples 184 people in East Tangkerang Village. The analysis used is univariate and bivariate. The result of this research is can be concluded that there is significant relation between knowledge with time weaning (p-value 0,000 <0,05), there is significant relation between attitude with time weaning (p-value 0,000 <0,05). Mothers exclusively breastfeed to their babies until 6 months of age and and continue with breastfeeding until 24 months of age.

 

Waktu penyapihan yang baik dilakukan pada usia anak mencapai 2 tahun. Penyapihan yang dilakukan pada usia kurang dari 2 tahun dapat menyebabkan masalah pada anak seperti insiden penyakit infeksi terutama diare meningkat, pengaruh gizi yang mengakibatkan malnutrisi  pada  anak  dan  menyebabkan  hubungan  anak  dan  ibu  berkurang  keeratannya karena proses bounding attachment terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan keputusan waktu penyapihan di Keluraan Tangkerang Timur Wilayah Kerja Puskesmas Tenayan Raya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni tahum 2017 dan penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah data kuantitatif dengan  desain penelitian menggunakan  cross sectional. Teknik sampling menggunakan Stratified random sampling, Populasi dalam penelitian ini berjumlah 368 orang dan sampel 184 orang di Kelurahan Tangkerang Timur. Analisa yang diunakan adalah univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan bermakna antara pengetahuan dengan waktu penyapihan (p-value 0,000< 0,05), ada   hubungan   bermakna   antara   sikap   dengan   waktu   penyapihan   (p-value   0,000   <0,05). Diharapkan ibu memberikan ASI eksklusif pada bayinya sampai usia 6 bulan dan dan dilanjutkan dengan MPASI sampai usia 24 bulan.


Keywords


Knowledge; Attitude; Good Weaning Time

Full Text:

PDF

References


Arini H. (2012). Mengapa Seorang Ibu Harus menyusui. Yogyakarta: Flashbook.

Astuti. (2013). Determinan Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Menyusui. Health Quality.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiman dan Riyanto. (2013). Kapita Selekta Kuisioner pengetahuan dan Sikap Dlam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Djaiman. (2009). Besarnya Peluang Usia Penyapihan Anak Baduta Di Indonesia Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Media Litbang Kesehatan, XIX No 1.

Ginting, Daulat dan Sekarmarna, N. (2012). Pengaruh Karakteristik, Faktor Internal Dan Eksternal Ibu Terhadap Pemberian Mp-asi Dini Pada Bayi Usia &lt;6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Barusjahe Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara.

Goldman, A, S. (2007). The Immune System In Human Milk and The Developing Infant. Breastfeeding Medicare, 2 No 4.

Kadarwati. (2013). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu tentang Penyapihan Dini Di Desa Ketapang Wilayah Kerja Puskesmas Susukan.

Khairunnisa, S. W. (2013). Hubungan Karakteristik, Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Pemberian MP-ASI Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Siantan Tengah. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura, vol 3, no.

Kolengsusu, M. (2010). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Penyapihan Pada Anak Di Wilayah Kerja Puskesmas Gubug kecamatan Gubug Kabupaten Grobongan.

Lisda. (2014). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Keputusan Waktu Penyapihan Di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Bergasyang.

Majalah Mother and Baby. (2010). ASI Eksklusif. Jakarta: PT Mandiri.

Marimbi. (2010). Tumbuh Kembang, Status Gizi Dan Imunisasi Dasar Pada Balita. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marmi. (2012). Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas “Puerperium Care.†Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maryunani, A. (2012). Inisiasi Menyusu Dini, ASI Eksklusif dan Manajemen Laktasi. Jakarta: CV Trans Info Media.

Melindacare. (2013). Waktu Penyapihan.

Muctadi. (2009). Gizi Untuk Bayi, ASI, Susu Formula dan Makanan Tambahan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Pamelav & Teresa. (2007). Assasment of Breastfeeding and Infant Growth. Of Midwifery and Women’s Health.

Profil Kesehatan Indonesia. (2015). ASI Eksklusif. Jakarta.

Profil Kesehatan Provinsi Riau. (2014). AKI dan AKB.

Purwanti, H. . (2004). Konsep Penerapan ASI Eksklusif. jakarta: EGC.

Rebhan, B. (2009). Infant Feeding Practices and Associated Factors Through the First 9 Months of Life in Bavaria, Germany. Pediatric Gastroenterology and Nutrition, 49(4), 467–473.

Sarlis, N. I. C. N. (2018). Faktor Berhubungan dengan Status Gizi Balita di Puskesmas Sidomulyo Pekanbaru tahun 2016. Jurnal Endurance, 3, 146–152.

Sitepoe, M. (2013). ASI Eksklusif Arti Penting Bagi Kehidupan. Jakarta: Indeks PP.

Sulisdiana. (2011). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Ibu Tentang Regurgitasi Pada Bayi Usia 0-6 Bulan Di BPS Muji Winarsih Mojokerto.

Trisnawati, I. E. (2013). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngaliyan Semarang. STIKes Telogorejo.

Yani dan Pramita. (2012). Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang menyusui Dengan Sikap Ibu Untuk Melakukan Penyapihan Di Desa Brayu Blandong Mojokerto.




Copyright (c) 2018 Desmariyenti, Nelfi Sarlis, Rima Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â