Pengaruh Susu Kacang Kuda dan Jahe Untuk Anemia Pada Ibu Hamil



Zurni Seprina(1*), Fitria Meiriza Syahasti(2)

(1) 
(2) Akademi Kebidanan Salma
(*) Corresponding Author

Abstract


Anemia pada ibu hamil merupakan masalah kesehatan terkait dengan insidennya yang tinggi dan komplikasi yang dapat timbul baik pada ibu maupun pada janin. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil seperti perbaikan asupan gizi, program pemberian besi, dan pemberian preparat besi jauh sebelum merencanakan kehamilan. Akan tetapi upaya-upaya tersebut belum memuaskan. Maka diperlukan bahan alternative yang bisa memenuhi keadaan gizi ibu hamil dan kaya akan zat besi yang sangat berhubungan  dengan pemberian Hb, kebanyakan ibu hamil tidak mau minum dari susu sapi. Oleh karena itu susu kacang kuda yang diberi jahe diharapkan mampu memenuhi gizi ibu hamil sekaligus memperbaiki masalah anemia pada ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek anti anemia susu kacang kuda diberi jahe pada ibu hamil dan dari olahan kacang kuda yang di beri jahe berupa susu tersebut akan di buat suatu produk minuman kesehatan untuk menurunkan Anemia pada ibu hamil. Penelitian ini bersifat kuntitatif analitik eksperimen melalui pendekatan cross sectional. Penelitan ini dilakukan di Batu Bersurat dengan jumlah responden sebanyak 49 ibu hamil. Hasil penelitian ini menunjuk kan dengan menggunakan uji T, kadar hemoglobin naik secara bermakna dengan  P Value 0,0001 (p<0,05) pada bulan ke 2 dibandingkan pada bulan ke 0. Hal ini berarti susu dari olahan kacang kuda dan jahe efektif untuk menurun kan anemia.


Anemia in pregnant mother is helath problem which have related with high incidents and complications, can attack for mother or fetus. Many action have been done for prevent incident anemia in pregnant mother like improvement of nutritional intake, program of giving ASI, and giving zat Besi long time before pregnant. But that effort not statisfying so need alternative materials for nutrition in pregnant mother and Very much zat besi  related with  Hemoglobin levels. In reality many pregnant mother not like drink cows milk so horse milk bean with ginger expected can meet the nutritional need for pregnant mother at once can repaired anemia problem in pregnant mother. The Purpose  this reaserch for know effect anti anemia horse milk bean with ginger in pregnant mother  and from horse milk bean with ginger will created product health drink for lower anemia incident.  This research have metode kuantitatif analitic experiment by means of cross sectional. This research pleace in Batu Besurat with responden 49 pregnant mother. The result of research  with Uji T showing Hemoglobin levels be high on meaningfull with P Value (p<0,05) in second month compared with first month. This means horse milk bean with ginger effective for lower anemia


Keywords


anemia; horse; ginger

Full Text:

PDF

References


Wiknjosastro H. 2005. Ilmu Kebidanan. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardj. Jakarta.

Karasahin, E., Ceyhan, S. T., Goktolga, U., Keskin, U. & Baser, I. 2006.

Maternal Anemia and Perinatal Outcome. Perinatal Journal, 15(3).

Masrizal, 2007. Studi Literatur Anemia Defisiensi Besi.Edisi ke-2:Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Sin – sin. 2008. Masa Kehamilan dan Persalinan. PT Alex Media Komputindo. Jakarta

Varney,H., 2006. Buku ajar Asuhan Kebidanan Edisi 4. EGC. Jakarta

Dwiana Indah Lestari (2015). Analisis nilai gizi susu kacang kuda dari olahan kacang kuda dan jahe yang ditujukan untuk menurunkan mual muntah pada ibu hami l(midwifery, Vol II No 01 Juni 2015)

Eliani Sinaga. (2015). Hubungan Asupan Protein Dan Zat Besi Dengan Status Anemia Pada Ibu Hamil Di Desa Naga Timbul Kecamatan Tanjung Morawakabupaten Deli Serdang Tahun 2014, 1–6.

Nadiya Mawaddah dan Hardinsyah. (2008). Pengetahuan, sikap, dan praktek gizi serta tingkat konsumsi ibu hamil di kelurahan kramat jati dan kelurahan ragunan propinsiDKI Jakarta (. Gizi Dan Pangan, 3(1), 30–42.




Copyright (c) 2019 zurni seprina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â