METODE BERMAIN PUZZLE BERPENGARUH PADA PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH



Lilis Maghfuroh(1*)

(1) STIKES Muhammadiyah Lamongan Jawa timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Pre-school is a period to increase fine motor development of children. This research aims to determine the increasing of fine motor development using the puzzle for preschoolers. his research is using one-group pre-post test design without control and procedures for statistical analysis through Wilcoxon Sign Rank Test with a confidence level of 95% and α: 5%. The subjects of this study were 40 children. The results of the analysis showed that there was effect of the intervention method by playing puzzle through the development of fine motor skills at pre-school children in mind that the value of Z sign p = 0.001 where significant value of p <0.05. Puzzle play method can improve child language development. The results of this research can be used as the basic for doing the puzzles therapy in children because it can improve fine motor skills development of children.

 

Masa prasekolah merupakan masa peningkatan perkembangan motorik halus. Motorik halus adalah gerakan yang dilakukan oleh sekelompok otot-otot kecil seperti jari-jemari. Pada survey awal hampir sebagian anak mengalami perkembangan motorik suspek. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak pra sekolah. Penelitian ini menggunakan one-group pra-post test design tanpa control dan analisis statistik menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat  kepercayaan 95% dan α : 5%. Populasi penelitian 50 anak dan sample 40 anak dengan tehnik Simple Random Sampling. Setelah data terkumpul dengan menggunakan DDST selanjutnya dianalisa. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh metode bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus diketahui p sign = 0,001 dimana nilai signifikan p < 0,05. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk melakukan terapi puzzle pada anak untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak.


Keywords


Development of fine motor skills; Puzzle; Pre-school

Full Text:

PDF

References


Afiffudin, & Khotimah, N. (2015). Pengaruh Kegiatan Seni Finger painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. PAUD Teratai Vol.4 No.1(2015). E-Journal UNESA http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/10522 Diakses tanggal 3 Juni 2016.

Agrina, (2012) Karakteristik orang tua dan lingkungan rumah mempengaruhi pekembangan balita. Jurnal Keperawatan Indonesia Vol.15 No.2 http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/31/31 diakses tgl 4 maret 2017

Andriana, D. (2011). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Depkes. (2007). pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi dan intervensi tumbuh kembang anak. Jakarta : Bakti husada.

Handayani, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Pada Anak Balita. Jurnal Endurance, 2(2), 217-224.

Hidayat, A. A. (2008). Pengantar dan Kesehatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Iqbal Mubarok, Wahit. (2008). Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Jaelani, A. K., Sampurno, S., & Andayani, T. M. (2016). Pengembangan Model Sistem Informasi Manajemen Skrining Resep Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wilayah Kota Yogyakarta. Jurnal Endurance, 1(1), 28-36.

Junaidi, d. I. (2011). Kehamilan Sehat Dan Mengatur Jenis Kelamin Anak. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Kartikawati. (2010).Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini, Jurnal Ilmu Keperawatan. Vol. 1 No. 3. Universitas Brawijaya Malang.

Labonati, R. (2014). meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui metode pemberian tugas pada kelompok B di TK Al-Khaairot lolu , Jurnal Untad Vol 2 No 2.http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/1940. diakses tgl 25 mei 2016.

Maghfuroh, L, & Putri, K. C. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1).

Maghfuroh, L., & Khotimah, N. (2017). Pengaruh Teknik Mozaik terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Sain Med, 9(1), 57-61.

Marmi. (2012). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, Dan Anak Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rinerke Cipta.

Soetjiningsih. (2013). Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.

Susilaningrum, R. (2013). Asuhan keperawatan bayi dan anak. Jakarta: Salemba Medika




Copyright (c) 2018 Lilis Maghfuroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â