HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. RASIDIN PADANG



Fitri Mailani(1*), Nera Fitri(2)

(1) STIKES YPAK PADANG
(2) STIKES YPAK PADANG
(*) Corresponding Author

Abstract


Perilaku caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan di sebuah rumah sakit.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien BPJS di ruang rawat inap RSUD.dr. Rasidin Padang.Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study.Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Agustus 2015 sampai Juli 2016.Populasi dalam penelitian ini  sebanyak507 orang, sampel diambil secara purposive sampling dengan batasan waktu 2 minggu sampel sebanyak 84 orang. Data dianalisis secara distribusi frekuensi dan menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan 95%.Hasil penelitian didapatkan sebagian besar 39 (46,4%) perilaku caring perawat buruk, lebih dari separuh 50 (59,5%) responden tidak  puas dengan perilaku caring perawat, terdapat hubungan bermakna antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pada pasien BPJS (p value = 0,002).Dapat disimpulkan bahwa semakin baik perilaku caring perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien maka tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan akan semakin baik juga. Disarankan bagi Intansi RSUD dr. Rasidin Padang untuk meningkatkan perilaku caring perawat dengan  mengadakan pelatihan atau seminar tentang perilaku caring perawat sehingga perawat dapat menerapkan perilaku caring terhadap pasien.


Nurses caring behavior is critical in fulfilling patient satisfaction, it is becoming one of the indicators of quality of care in a hospital. More than half of that 60% patients have complained to the nurse caring behavior, said patients are not satisfied with the nurse caring behaviors. The purpose of this study was to determine the relationship with the nurse caring behavior BPJS level of patient satisfaction in inpatient of RSUD. dr. Rasidin Padang. This research was conducted in August 2015 until July 2016. The population in this study were 507 people, samples were taken by purposive sampling with a 2 week time limit sample of 84 people. Data were analyzed using frequency distribution and chi-square test with a significance level of 95%. The result showed most of the 39 (46.4%) nurses caring behavior worse, more than half of the 50 (59.5%) of respondents are not satisfied with the nurse caring behavior, there is a significant relationship between nurse caring behaviors with a level of satisfaction in patients BPJS (p value = 0.002).Can be concluded that the better behavior of caring nurse in giving  nursing services to patients, the level of patient satisfaction with nursing care will be better too.



Keywords


BPJS; Caring; Patient Satisfaction

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Mansjoer, A. (2000). Kapita selekta kedokteran. Ed. 3. Media aesculapius; Jakarta. Mariotti, M., C., Carhalho, J., G., R. (2011). Improving quality of life in hemodialysis: impact of an accupational therapy program. Scandinavian Journal of Occupational Therapy, 18, 172-179. DOI 10.3109/11038128.2010.488271. Alimul Aziz. (2009). Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisa Data. Salemba Medika: Jakarta. Anderson, H. (2012). Hubungan Mutu Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Jamkesmas Di Ruang Inap RSUP DR. M. Djamil Padang. Tidak dipublikasikan. Dapartement Kesehatan RI. (2008). Direktoral Bina Pelayanan Keperawatan. Direktoral Jendral Bina Pelayanan Medik: Jakarta. Dapartement Kesehatan RI. (2014). Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan ( JKN ) Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Dapartemen Kesehatan RI; Jakarta. Simanungkalit, Febrina. (2014). Perbandingan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta JKN dan Non JKN tentang Perilaku Caring Perawat di ruang Rawat Inap RS.Paru dr.Ario Wirawan. Salatiga. Gurusinga, Rahmad. (2013). Perilaku Caring Perawat Dan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Riset Keperawatan Indonesia (1) 32-38. Hidayati, Nurlaili. (2013). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kecemasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta . Indrastuti,Yani.(2010). Analisis Hubungan Perilaku Caring dan Motovasi Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Menerapkan Prinsip Etik Keperawatan Dalam Asuhan Keperawatan Di RSUD Sragen. Depok. Ismar, Agustin. (2002). Perilaku Caring Perawat Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Klien Di RSUD Anwar Malang. Khaira, Laila. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Pariaman Padang. Listianingsih, Lidwina Triastuti. (2012). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien False Emergency Di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan . Morrison, Paul. (2009). Caring and Communicating: The Interpersonal Relationship In Nursing. EGC: Jakarta. Notoatmodjo Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan edisi revisi. Rineka Cipta: Jakarta Nursalam, (2014). Manajamen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional edisi 4. Salemba Medika: Jakarta . Pohan, Imbalo. (2006). .Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. EGC : Jakarta Purnomo. (2011). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan .Rieneka :Jakarta Rafli, F., Hajinezhad, M. E., & Haghani, H. (2008). Nurse caring in Iran and its relationship with patient satisfaction. Australian Journal of Advanced Nursing, 26(2), 75–84. Watson, Jean, (2010). Nursing Theoritis And Their Work ( edited by ) Martha Raile Alligood, Ann Marriner Tomey. Edisi 7. Watson, Jean. (2009). Assessing And Measuring Caring In Nursing And Health Sciences. New York : Springer Publishing Company,. Dari :http://books.google.co.id/ Supriantin, Eva. (2009). Hubungan Faktor Individu Dan Faktor Organisasi Dengan Perilaku Caring Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Kota Bandung. Susanti, Lisa. (2013). Hubungan Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Jamkesmas Di Puskesmas Andalas Padang. Tiara, azzah. HubunganAntaraCaring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien .2013 Publishing. (2014). Himpunan Peraturan BPJS Kesehatan.Jakarta : Perum LKBN ANTARA




Copyright (c) 2017 Fitri Mailani, Nera Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â