METODE PEMBELAJARAN DOKUMENTASI PARTOGRAF DALAM ASUHAN KEBIDANAN PADA PERSALINAN



Wan Anita(1*)

(1) STIKes Tengku Maharatu Pekanbaru
(*) Corresponding Author

Abstract


Partograf adalah alat pemantauan persalinan normal dan juga sebagai alat pengambilan keputusan klinis, karena dengan adanya partograf maka persalinan yang tidak normal akan dapat dievaluasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat beragam metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk Student Center Learning (SCL) baik dikelas, laboratorium maupun klinik. Tujuan literature review ini juga untuk melihat sejauh mana topik dokumentasi asuhan pada persalinan khususnya metode pembelajaran untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam melakukan dokumentasi telah diteliti. Metode Penelitian ini merupakan systematic review. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian antara lain metode studi kasus, demonstrasi, multimedia, case based learning, simulasi, latihan, small group discussion, penuntun belajar jobsheet, peer tutoring serta kooperatif type STAD. Hasil literature review ini menunjukkan terjadi pengaruh metode pembelajaran terhadap ketrampilan dokumentasi asuhan kebidanan pada persalinan. Metode pembelajaran dengan cara studi kasus, simulasi, small group discussion, demonstrasi, tutor dengan teman sebaya dan kooperatif type STAD lebih berpengaruh dalam meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam membuat dokumentasi partograf. Dosen sebagai tenaga pendidik profesional sebaiknya mempertimbangkan metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam mempelajari materi yang disesuaikan dengan tujuan materi yang ingin disampaikan untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam dokumentasi asuhan pada persalinan (partograf).

 

Partograph is normal delivery and monitoring tools as well as clinical decision-making tool, because with the partograf the normal delivery will not be evaluated. In the implementation of learning, there are various methods that can be used for the Student Center Learning (SCL) either in class, laboratory and klinik. Literature review is also to see how far the topic of care documentation on labor, especially learning methods to improve the skills of the students in doing the documentation has been investigated. The learning method used in the study include the case study method, demonstrations, multimedia, case based learning, simulations, exercises, small group discussions, study guides jobsheet, peer tutoring and cooperative STAD type. The results of this literature review showed an influence on the teaching methods of documentation skills of midwifery care during labor. The learning method by means of case studies, simulations, small group discussions, demonstrations, tutors with peers and cooperative type STAD more influential in improving student skills in making partograf documentation. Lecturers as professional educators should consider learning methods that can be used in learning the material adapted to the purpose of material to be conveyed to improve the skills of students in care documentation at delivery (partograf).


Keywords


Documentation; learning methods; partograf

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Anggarini. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran Studi Kasus Terhadap Prestasi Belajar Penggunaan Partograf Mahasiswa Akademi Kebidanan di Surakarta. Tesis. UNS

Buckley S, Zamora J .200. Effects of participation in a cross year peer tutoring programme in clinical examination skills on volu nteer tuturs’ skills and attitudes towards teachers and teaching, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/a rticles/PMC1925072/pdf/1472- 6920-7-20.pdf

Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat JenderalPeningkatan Mutu Pendidik dan TenagaKependidikan.

Depkes. 2008. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta: Departemen Kesehatan RI

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Kebidanan. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan. Jakarta

Menteri Kesehatan RI. 2007. Kepmenkes nomor 369/MENKES/SK/III/2007 TentangStandar Profesi Bidan. Jakarta.

Meynarni. 2015. Hubungan Praktikum Berbasis Kasus (Case Based Learning) dengan Ketepatan Pengisian Partograf Oleh Mahasiswa Semester III D III Kebidanan STIKes Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi. STIKes Aisyiyah Yogyakarta

Mulati, Kuswati, dan Rejeki. 2014. Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Dengan Latihan (DRILL) Terhadap Penerapan Pengisian Partografpada Mahasiswa DIII Kebidanan Poltekes Surakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2014, Th.XXXIII, No. 1

Permenkes No. 938/Menkes/SK/VIII/2007 tentang Standar Asuhan Kebidanan. Jakarta

Rohmaningsih. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Motivasi dan Kemampuan Mengisi Partograf di Akademi Kebidanan Husada Purwokerto. Karya Tulis Ilmiah. UNS

Sanjaya. Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana prenada Media Group.

Simamora, Roymond H. 2009. Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta:EGC.

Suwarnisih. 2009. Perbedaan metode demonstrasi dan penuntun belajar job sheet terhadap prestasi belajar partograf pada mahasiswa kebidanan ditinjau dari motivasi mahasiswa. Tesis. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Profesi Kesehatan - UNS Surakarta

Tuniroh, Bartini dan Johandhika. 2016. The Influence of Peer Tutoring with Partograf Fulfillment Skill at Level II Students at Akademi Kebidanan Yogyakarta. Proceeding Book 1st International Conference For Midwives (ICMID). Prodi Magister Kebidanan FK Unpad

Yulizawati dan Rismawati. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD Terhadap Ketrampilan Pengisian Partograf Mahasiswa Kebidanan. Jurnal The Southeast Asian Journal of Midwifery Vol.1, No. 1, Oktober 2015 : 39-42

Zentz, Suzanne E, Kurtz, et al. 2014. Undergraduate Peer Assisted Learning in Clinical Setting, Journal of Nursing Education, Vol: 53, Issue;3 ; S4-S10




Copyright (c) 2016 Wan Anita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E-ISSN : 2477-6521
Â