STUDENTS’ ABILITY, PROBLEMS AND CAUSES OF PROBLEM IN WRITING EXPLANATION TEXT AT THE FIRST GRADE OF SMAN 1 BATUSANGKAR



Mela Dina(1*)

(1) STIKes Fort De Kock Bukittinggi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan, masalah serta penyebab masalah yang dialami siswa dalam menulis teks explanation. Jenis penelitian ini adalah deskriftif-qualitatif.  Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X  SMAN 1Batusangkar yang terdiri dari 70 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari tes menulis yang dilaksanakan di kelas. Sedangkan, data kualitatif diperoleh dari wawancara yang dilakukan terhadap 70 orang siswa tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan dan masalah yang dihadapi siswa dalam menulis teks explanation, dapat digolongkan dalam beberapa kriteria yaitu pola teks, konteks bahasa, ejaan kata dan sintaksis bahasa. Dari kriteria tersebut, hasil rata-rata kemampuan siswa dapat digolongkan bagus. Nilai rata-rata siswa dalam menulis teks explanation adalah 67,74. Namun, sebagian dari mereka masih menemukan masalah terutama dalam konteks bahasa khususnya tata bahasa. Temuan juga menunjukkan bahwa penyebab kesulitan tersebut adalah pengaruh bahasa pertama, bahasa sasaran yang begitu sulit, dan kurangnya pengetahuan siswa tentang komponen dalam menulis teks explanation.

Kata Kunci: Kemampuan, Masalah, Peneyabab Masalah dan Teks Explanation


Keywords


teaching learning

Full Text:

PDF

References


Adas, D., & Bakir, A. (2013). Writing Difficulties and New Solutions : Blended Learning as an Approach to Improve Writing Abilities. International Journal of Humanities and Social Science, 3(9), 254–266.

Explanations, C. (2012). Engaging in and Exploring Explanation Writing, (June), 1–5.

Ting, S., Campbell, Y. M., Law, L., & Poh, H. (2013). Explanations without a purpose ? Genre-based instruction and academic writing. Journal of Academic Language and Learning, 7(1), 26–39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mela Dina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Curricula : Journal of Teaching and Learning has been covered by the following services:

Published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang, West Sumatera
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

  Web Analytics View Curricula Stats